10 Presiden Termiskin di Dunia yang Rela Menyumbangkan Gajinya

oleh -0 Dilihat
Nelson Mandela
Nelson Mandela salah satu presiden termiskin di dunia

Jakarta- 10 presiden termiskin yang akan kami sebutkan di artikel ini memiliki kisah hidup tersendiri yang membuatnya tidak memiliki kekayaan selayaknya presiden-presiden di negara lainnya. Orang-orang mungkin mengira presiden tentu akan dikelilingi oleh kekayaan yang berlimpah dan tiada habisnya.

Namun, sebenarnya ada juga beberapa presiden di sejumlah negara tertentu yang tidak memiliki kekayaan tersebut dan bahkan dijuluki sebagai presiden termiskin. Ingin tahu siapa saja presiden termiskin di dunia? Mari kita mengenal nama dan jasanya satu per satu!

10 Presiden Termiskin di Dunia yang Hidup dalam Kesederhanaan

Presiden yang menyumbangkan gajinya (ils)
Presiden yang menyumbangkan gajinya (ils)

Presiden dan pejabat publik lainnya kerap identik dengan kekayaan yang berlimpah serta gaya hidup yang mewah. Namun, hal ini tidak berlaku bagi beberapa presiden yang akan kami sebutkan di artikel ini. Sebab, presiden-presiden ini tidak memiliki kekayaan besar dan hidup dalam kesederhanaan.

Ada beberapa alasan yang membuat presiden di sejumlah negara ini tidak memiliki kekayaan selayaknya presiden-presiden lainnya. Sebagian di antaranya kehilangan kekayaannya karena aksi mulianya, tapi ada juga yang memiliki alasan lain. Berikut adalah daftar presiden termiskin di dunia:

1. Jose Mujica

Jose Mujica
Sumber: Instagram

Mantan Presiden Uruguay yang ke-40 ini sering dianggap sebagai salah satu presiden termiskin, karena beliau tidak pernah menunjukkan gaya hidup yang mewah di hadapan rakyatnya. Hal ini terjadi karena Jose Mujica menyumbangkan hampir 90% dari gajinya untuk rakyatnya yang miskin.

Penghasilan tetap Jose Mujica saat menjabat sebagai presiden di Uruguay adalah sebesar USD12 ribu atau setara dengan Rp116.000.000,-. Uniknya, Jose Mujica tidak menyimpan dan menggunakan uang itu sendiri, tapi beliau menyumbangkan sebagian besarnya dan menyisakan USD800 saja.

2. Fidel Castro

Fidel Castro
Sumber: Instagram

Berbeda dengan Jose Mujica yang menyumbangkan 90% gajinya ke rakyatnya yang miskin, sehingga beliau tidak memiliki kekayaan seperti presiden-presiden lainnya, untuk Fidel Castro sendiri dianggap sebagai salah satu presiden termiskin, karena gajinya hanya sebesar 900 peso kuba.

Jumlah gaji mantan Presiden Kuba tahun 1976-2008 ini setara dengan Rp470.000,- saja per bulan. Tentu dengan gaji yang tidak terlalu besar ini membuat Fidel Castro harus hidup dalam kesederhanaan. Meski begitu, Fidel Castro tidak pernah berhenti membantu kehidupan para rakyatnya.

3. Mahmoud Ahmadinejad

Mahmoud Ahmadinejad
Sumber: Instagram

Mahmoud Ahmadinejad merupakan mantan Presiden Iran ke-6 yang menjabat sejak tahun 2005 hingga tahun 2013. Meski masa jabatannya tergolong lama, tapi hal ini tidak membuat Mahmoud Ahmadinejad memiliki kekayaan yang berlimpah, tapi beliau justru dianggap sebagai salah satu presiden termiskin.

Dari 10 presiden termiskin yang ada di artikel ini, Mahmoud Ahmadinejad adalah sosok yang paling dihargai oleh banyak orang. Sebab, alasan beliau dinobatkan sebagai salah satu presiden termiskin di dunia adalah karena beliau tidak pernah mengambil gajinya sebagai presiden.

4. Joyce Banda

Joyce Banda
Sumber: Instagram

Joyce Banda juga termasuk salah satu dari 10 presiden termiskin di dunia yang selalu hidup dalam kesederhanaan. Alasan kenapa presiden wanita pertama di Republik Malawi ini dikatakan sebagai salah satu presiden termiskin adalah karena saat menjabat Malawi masih menjadi negara termiskin.

Maka dari itu, selama masa jabatannya Joyce Banda harus menghadapi berbagai jenis krisis politik yang cukup parah dan hal ini juga berdampak pada kondisi ekonomi negaranya. Untuk menghadapi krisis politik dan ekonomi yang terus berlanjut ini, Banda memutuskan untuk menjual aset negara.

5. Hugo Chavez

Hugo Chavez
Sumber: Instagram

Namanya mungkin sudah tidak terdengar asing lagi bagi sebagian orang, karena Hugo Chavez pernah menjabat sebagai Presiden Venezuela selama kurang lebih 14 tahun (1999-2013). Namun, meski Hugo telah menjabat sebagai presiden selama itu, tapi penghasilannya tergolong tidak terlalu banyak.

Hal ini terjadi karena Hugo Chavez lebih mengutamakan kesejahteraan kaum miskin yang tinggal di Venezuela. Jadi, sebagian gajinya disumbangkan kepada rakyat yang lebih membutuhkan.

6. Evo Morales

Evo Morales
Sumber: Instagram

Salah satu mantan Presiden Bolivia ini juga termasuk dalam daftar 10 presiden termiskin yang selalu hidup dalam kesederhanaan. Kendati demikian, Evo Morales tidak pernah mengeluh tentang hal ini, karena semua ini terjadi atas keinginannya sendiri.

Sejak kecil Evo Morales memiliki kehidupan yang tidak berkecukupan, sehingga saat beliau menjabat sebagai presiden, beliau memutuskan untuk menyumbangkan setengah gajinya kepada guru dan dokter yang ada di Bolivia.

7. Nelson Mandela

Nelson Mandela
Sumber: Instagram

Saat membahas tentang 10 presiden termiskin di dunia, orang-orang pasti akan langsung mengingat nama mantan Presiden Afrika Selatan yang satu ini. Di balik namanya yang sangat besar dan sudah dikenal oleh banyak orang, hal ini tidak membuat Nelson Mandela memiliki kekayaan yang berlimpah.

Alasan kenapa Nelson Mandela dinobatkan sebagai salah satu presiden termiskin di dunia adalah karena beliau memotong sebagian gajinya, untuk disumbangkan ke berbagai kegiatan sosial yang terjadi di Afrika Selatan. Jadi, tak heran jika kehidupannya selalu dikelilingi dengan hal-hal sederhana.

8. Rafael Correa

Rafael Correa
Sumber: Instagram

Rafael Correa menjabat sebagai Presiden Ekuador selama 10 tahun, yaitu dari tahun 2007 hingga 2017. Meski begitu, hal ini tidak membuatnya memiliki kekayaan yang berlimpah dan dapat hidup dalam lingkungan yang mewah.

Menariknya, alasan kenapa Rafael disebut sebagai salah satu presiden termiskin di dunia cukup berbeda dengan mantan-mantan presiden sebelumnya. Hal ini terjadi pada Rafael Correa karena pembayaran gajinya sempat dibekukan akibat APBN Ekuador yang mengalami defisit.

9. Hamid Karzai

Hamid Karzai
Sumber: Instagram

Hamid Karzai dikenal sebagai mantan Presiden Afghanistan yang menjabat sejak tahun 2004 hingga 2014. Orang-orang mungkin mengira dengan masa jabatannya yang lama itu, Hamid Karzai dapat hidup mewah dengan penghasilan besar yang diperolehnya setiap bulan.

Namun, tebakan orang-orang itu salah besar, karena Hamid Karzai sudah terlanjur nyaman dengan pola hidupnya yang sederhana. Hamid Karzai memutuskan untuk menolak rumah pensiunnya yang mewah dan memilih untuk tinggal di sebuah rumah yang sederhana serta khas Afghanistan.

10. Lula Da Silva

Lula Da Silva
Sumber: Instagram

Jika daftar presiden terkaya di dunia mungkin sudah sering didengar dan diketahui oleh banyak orang, hal ini berbeda dengan daftar presiden termiskin yang ada di seluruh dunia. Lula Da Silva juga termasuk salah satu presiden termiskin, karena sebagian penghasilannya disumbangkan untuk rakyat.

Hal ini terjadi karena masa kecil Lula Da Silva tidak terlalu baik dan cenderung mengalami kesulitan secara finansial. Maka dari itu, pada saat menjabat sebagai Presiden Brazil di tahun 2002 beliau memutuskan untuk menyumbangkan sebagian gajinya demi kebutuhan rakyatnya.

Tentu aksi mulianya ini menerima perhatian banyak orang, bahkan tidak hanya dari warga Brazil itu saja. Ada banyak orang yang menganggap Lula Da Silva sebagai presiden sukses yang tidak hanya memikirkan tentang kepentingan dirinya sendiri saja.

Sampai saat ini masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa tidak semua presiden di dunia ini memiliki kekayaan berlimpah yang dapat membuatnya hidup mewah. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat kehidupan 10 presiden termiskin yang telah kami sebutkan melalui artikel ini. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.