10 Manfaat Belimbing Sayur Dahsyat Untuk Kesehatan Manusia

oleh -0 Dilihat
Belimbing Sayur
Belimbing Sayur

Diskursusnetwork- Ada beberapa manfaat buah belimbing sayur yang harus diketahui oleh orang-orang. Dalam hal ini, kami akan membagikan beberapa manfaatnya. Belimbing sayur atau yang sering disebut juga dengan nama belimbing wuluh memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan manusia.

Hal ini terjadi karena belimbing sayur atau belimbing wuluh mengandung nutrisi yang sangat banyak seperti karbohidrat, protein, vitamin C, serat, fosfor, zat besi, dan kalsium.

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah ini dapat mendatangkan manfaat yang sangat banyak seperti meningkatkan daya tahan tubuh, mengendalikan kadar gula darah, dan masih ada banyak lagi lainnya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang manfaatnya secara satu per satu.

10 Manfaat Belimbing Sayur Mulai dari Kesehatan hingga Kecantikan Kulit

Biasanya, orang-orang menggunakan buah belimbing ini untuk menghilangkan rasa amis pada ikan yang akan dimasaknya. Namun, sebenarnya buah belimbing wuluh ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis hidangan yang tidak kalah lezat.

Sebab, rasanya asam dan teksturnya tidak keras. Saat ini belimbing wuluh sudah bisa ditemukan dengan mudah di beberapa daerah seperti Maluku, Malaysia, India, Sri Lanka, dan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Maka dari itu, ada banyak orang yang sering mengonsumsi buah menyehatkan ini. Lalu, apa saja manfaat buah belimbing sayur?

1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Belimbing bisa mengendalikan kadar gula darah
Belimbing bisa mengendalikan kadar gula darah

Manfaat belimbing wuluh yang paling dikenal oleh banyak orang adalah dapat mengendalikan kadar gula darah dalam diri seseorang. Hal ini terjadi karena buah belimbing ini mengandung flavonoid yang dapat memantau seluruh aktivitas insulin yang terjadi dalam tubuh manusia.

Tidak hanya itu, jenis buah belimbing ini juga mengandung serat yang cukup tinggi yang membuatnya mampu mencegah lonjakan kadar glukosa darah secara tiba-tiba. Maka dari itu, orang-orang yang menderita penyakit diabetes dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

2. Menyembuhkan Penyakit Batuk dan Pilek

Belimbing bisa menyembuhkan penyakit Batuk dan Pilek
Belimbing bisa menyembuhkan penyakit Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek adalah penyakit sejuta umat yang pernah dialami oleh hampir semua orang di seluruh dunia. Ada banyak obat alami yang dapat dikonsumsi untuk menyembuhkan kedua jenis penyakit ini, tak terkecuali buah belimbing sayur (belimbing wuluh).

Kandungan etanol yang ada di dalam buah ini membuatnya mampu mengatasi penyakit batuk dan pilek dengan ampuh. Jadi, penyakit batuk dan pilek tidak hanya bisa disembuhkan dengan istirahat total, tapi juga bisa disembuhkan dengan mengonsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Belimbing bisa bisa menjaga Kesehatan Tulang
Belimbing bisa bisa menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini adalah kalsium. Maka dari itu, tidak mengherankan jika salah satu manfaat dari belimbing wuluh adalah untuk menjaga kesehatan tulang secara lebih baik lagi. Kandungan kalsium pada buah ini tidak kalah banyak dengan kalsium pada susu.

Maka dari itu, belimbing wuluh dipercaya mampu meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga struktur kerangka dalam tubuh dengan sangat baik. Untuk mengurangi rasa asam dari buah ini, kamu bisa mengonsumsi belimbing wuluh yang sudah dikeringkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih menikmatinya.

4. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Belimbing bisa bisa enjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Belimbing bisa menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Jantung dan pembuluh darah adalah organ dalam tubuh yang harus selalu dijaga dengan sebaik mungkin. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dalam tubuh kita, salah satunya adalah dengan mengonsumsi belimbing sayur secara rutin.

Manfaat buah ini berasal dari kandungan serat, vitamin C, antioksidan, dan kalium yang ada di dalamnya. Jika kalium dalam buah ini dapat menurunkan tekanan darah, sedangkan kandungan serat yang ada di dalamnya dapat berguna untuk menurunkan kadar gula darah dan kolesterol.

Hal ini berbeda dengan manfaat vitamin C dan antioksidan yang terkandung dalam buah ini, yaitu untuk mengurangi gejala peradangan serta mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Jadi, dapat dipastikan bahwa buah ini bisa menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dengan ampuh.

5. Mengobati Kram dan Nyeri Otot

Belimbing bisa mengobati Kram dan Nyeri Otot
Belimbing bisa mengobati Kram dan Nyeri Otot

Umumnya, orang-orang akan lebih sering mengalami kram serta nyeri otot ketika kelelahan setelah melakukan berbagai aktivitas berat. Kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja dan harus diobati dengan cara yang tepat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan belimbing wuluh.

Berbagai kandungan yang ada di dalam buah ini dipercaya mampu mengobati kram dan nyeri otot dengan sangat baik. Nantinya, belimbing wuluh dapat diolah dengan cara ditumbuk sampai halus, lalu campur dengan cengkeh serta merica putih. Kemudian, oleskan bahan itu pada bagian yang kram.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Belimbing bisa meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Belimbing bisa meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saat daya tahan tubuh menurun, maka tubuh akan lebih rentan terserang penyakit dan virus. Maka dari itu, semua orang harus selalu menjaga daya tahan tubuhnya dengan sebaik mungkin. Dalam hal ini, belimbing wuluh adalah jenis buah yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dari buah ini dipercaya dapat berperan sebagai antioksidan yang dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Selain itu, kandungan vitamin C tersebut juga dapat merangsang pembentukan kolagen yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

7. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

Belimbing bisa menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker
Belimbing bisa menurunkan Risiko Terkena Penyakit Kanker

Semua orang tentu tidak mau terkena penyakit kanker, karena kanker termasuk salah satu jenis penyakit yang mematikan. Oleh karena itu, sebelum penyakit ini menyerang tubuh kalian, pastikan untuk mencegahnya dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh secara rutin.

Berkat kandungan antioksidan flavonoid yang ada di dalam buah ini, orang-orang bisa menurunkan risiko terkena penyakit kanker dengan mengonsumsinya. Hal ini juga menjadi jawaban kenapa semakin ada banyak obat herbal yang terbuat dari belimbing wuluh.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Belimbing bisa menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Belimbing bisa menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tidak hanya bisa mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh manusia saja, tapi buah belimbing ini juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi harus segera disembuhkan untuk menghindari terjadinya penyakit-penyakit lainnya yang lebih berbahaya.

Sebelum muncul penyakit lainnya yang lebih berbahaya, lebih baik kamu mencegahnya terlebih dahulu dengan mengonsumsi belimbing wuluh. Meski rasanya asam, tapi buah ini mengandung kalium yang cukup tinggi dan dapat membantu melemaskan dinding pembuluh darah.

9. Mengatasi Masalah Jerawat

Belimbing bisa mengatasi Masalah Jerawat
Belimbing bisa mengatasi Masalah Jerawat

Manfaat belimbing sayur untuk wajah adalah mengatasi masalah jerawat yang sedang dialami oleh seseorang. Jerawat tidak hanya dapat menimbulkan rasa sakit pada wajah, tapi jerawat juga dapat membuat penampilan kita menjadi kurang menarik.

Untuk mengatasi masalah jerawat dengan menggunakan belimbing wuluh, cuci bersih terlebih dahulu buahnya, lalu hancurkan hingga benar-benar halus. Kemudian, oleskan buah belimbing wuluh yang sudah halus tersebut ke wajah yang berjerawat.

10. Mengatasi Sakit Gigi

Belimbing bisa mengatasi Sakit Gigi
Belimbing bisa mengatasi Sakit Gigi

Berbagai nutrisi yang terkandung di dalam buah ini dipercaya dapat mengatasi sakit gigi dengan sangat ampuh. Ada banyak orang yang tidak dapat menahan rasa sakit gigi, sehingga mereka mencari cara untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan ekstrak belimbing wuluh pada bagian gigi yang sedang sakit. Setelah itu, bilas olesan ekstrak belimbing wuluh tersebut dengan berkumur menggunakan air hangat.

Dengan banyaknya manfaat belimbing sayur yang telah kami sebutkan di artikel ini, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah ini setiap hari. Selalu jaga kesehatanmu dengan baik, agar terhindar dari segala jenis penyakit yang berbahaya. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.