Warga Palestina di Gaza Berisiko Meninggal Akibat Penyakit Menular

oleh -0 Dilihat
Warga Palestina di Gaza
Warga Palestina di Gaza berisiko meninggal akibat penyakit menular

Diskursusnetwork- Badan bantuan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) mengatakan warga Palestina di Gaza berisiko meninggal akibat penyakit menular karena sanitasi berada di bawah tekanan. Ada wabah hepatitis A di sebuah sekolah yang dikelola oleh UNRWA.

Jenis penyakit menular yang diperkirakan akan terjadi dalam kondisi seperti ini antara lain kolera, diare, hepatitis A, dan tipus.

Blokade yang dilakukan Israel menyebabkan masyarakat sulit mengelola limbah sanitasi. Apalagi setelah pemadaman listrik di Gaza, semua pabrik desalinasi ditutup. Begitu pula dengan tempat pengolahan air limbah.

Tanpa sarana pemompaan air limbah keluar dari wilayah berpenduduk, terdapat risiko tinggi terjadinya limpahan tersebut dan banjir di beberapa bagian Jalur Gaza.

Sementara itu, militer Israel mengumumkan telah menemukan 800 terowongan di Gaza sejak dimulainya operasi darat pada akhir Oktober, dan telah menghancurkan 500 di antaranya dengan menggunakan bahan peledak, balok, dan metode lainnya.

Adapun Hamas diyakini telah membangun jaringan bawah tanah yang canggih selama bertahun-tahun untuk melindungi pasukannya dari pengeboman Israel dan kepemimpinannya diyakini beroperasi di bawah tanah.

IDF mengatakan banyak dari terowongan tersebut terletak “dekat atau di dalam bangunan dan bangunan sipil, seperti sekolah, taman kanak-kanak, masjid dan taman bermain,” dan dalam beberapa kasus senjata disimpan di dalam terowongan tersebut. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.