Dipuji FIFA, Indonesia Bersiap Gelar World Cup 2025

oleh -0 Dilihat
FIFA
Presiden Joko Widodo perintahkan PSSI dan Menpora bidding piala dunia U-20 dan U17 2025 (Istimewa)

Jakarta – Penyelanggaraan Piala Dunia U-17 yang telah digelar di 4 kota di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023 diapresiasi Federasi Sepakbola Internasional (FIFA).

Alhamdulillah, pada 2 Desember 2023 yang lalu, telah selesai dilaksanakan World Cup untuk U-17, telah sukses dan penyelenggaraannya sangat baik dan diapresiasi oleh FIFA sebagai salah satu event yang terbaik,” sambut Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya di Halim Perdana Kesumah, Jakarta, Senin (04/12/2023).

Tanggapi apresiasi dari FIFA, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan langsung kepada Erick Thohir sebagai Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotdjo untuk mengikuti bidding piala dunia U-20 dan U-17 selanjutnya.

Erick yang berdiri di samping kanan Presiden Jokowi mengangguk tanda setuju saat diperintah Jokowi untuk mengikuti bidding atau penawaran bersama-sama dengan Singapura untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 dan U-17 di tahun 2025.

“Oleh karena itu saya telah memerintahkan kepada PSSI dan pihak Kemenpora untuk menjajaki penyelenggaraan piala U-20 di tahun 2025 dan U-17 untuk tahun 2025 sampai 2029 dan bidding bersama-sama dengan Singapura, saya yakin Indonesia dan Singapura dapat menjadi tuan rumah yang baik,” pungkas Jokowi.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Stadion Yang berpotensi Jadi Venue Piala Dunia U-17

Penyelenggaraan piala dunia di Indonesia menurut Jokowi menumbuhkan persepsi, citra yang baik di mata dunia, khususnya dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata.

Tanggapi belum berhasilnya Timnas Indonesia merebut kemenangan pada piala dunia U-17 meski sebagai tuan rumah, Presiden Jokowi mengatakan timnas perlu lebih sering mengikuti kompetisi tingkat dunia.

“Semuanya perlu proses, tidak bisa instan langsung juara, saya kira yang paling baik semakin banyak mengikuti event tingkat dunia akan semakin baik, U-17, U- 20 kita sehingga kita akan membangun masa depan sepak bola Indonesia,” tambah Jokowi.

Baca juga: Radja Nainggolan: Kemampuan Timnas Indonesia Masih Kecil

Salah satu langkah menyambut berbagai gelaran Internasional, Presiden Jokowi tegaskan akan melakukan renovasi 22 stadion sepak bola di Indoenesia.

Indonesia telah menggelar Piala Dunia U-17, Total ada empat stadion yang dipakai pada perhelatan bergengsi tersebut. Yakni Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta, Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, dan Stadion Manahan, Solo.

Jerman keluar sebagai juara usai mengalahkan Prancis dengan skor 4-3 di adu penalti usai imbang 2-2 selama waktu normal pada laga final yang digelar di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (02/12/2023).

Trofi ini jadi gelar pertama untuk Jerman sepanjang sejarah penyelenggaraan Piala Dunia U-17. Laga Jerman vs Prancis jadi penutup rangkaian gelaran Piala Dunia U-17 di Indonesia yang digelar sejak 10 November 2023. (DN)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.