Nawawi Pomolango Dilantik Menjadi Ketua KPK Sementara Gantikan Firli Bahuri

oleh -0 Dilihat
Nawawi
Nawawi Pomalango dilantik Presiden Jokowi sebagai Ketua KPK Sementara (Istimewa)

Jakarta – Presiden Joko Widodo Senin pagi ini (27/11/2023) melantik Nawawi Pomolango sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara, menggantikan Firli Bahuri.

Presiden Jokowi mengeluarkan Surat Keputusan (SK) nomor 116 tahun 2023 tentang pemberhentian Firli Bahuri sebagai ketua KPK sementara, pemberhentian dilakukan lantaran Firli telah berstatus tersangka kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi penanganan korupsi Kementerian Pertanian, Rabu pekan lalu oleh Polda Metro Jaya.

Dalam SK yang dikeluarkan tanggal 24 November tersebut, presiden Joko Widodo menunjuk Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sebagai pimpinan KPK, Nawawi Pomolango diangkat sebagai ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri yang tersandung kasus pemerasan.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan Nawawi Pomalongo dijadwalkan bakal mengucapkan sumpah atau janji sebagai Ketua KPK sementara di hadapan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta pada Senin (27/11/2023).

Baca juga: Firli Bahuri Dicekal ke Luar Negeri

“Senin pagi, direncanakan ada agenda Pengucapan Sumpah dan Janji Bapak Nawawi Pomalongo sebagai Ketua Sementara KPK di hadapan Presiden dan Pelantikan Gubernur Provinsi Riau di Istana Negara,” kata Ari lewat pesan singkat, Minggu (26/11/2023).

Nawawi Pimpinan Paling Senior di KPK

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meyakini penunjukan itu bakal mengangkat kembali marwah lembaga antirasuah itu dalam upaya pemberantasan korupsi, Ghufron juga berharap pengangkatan Nawawi yang berlatar belakang hakim ini diharapkan mampu mengembalikan kepercayaan publik dan mengangkat harkat lembaga antirasuah itu dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Mudah-mudahan pak nawawi mampu mengembalikan marwah KPK dan juga kami mampu meraih dan mendapat dukungan dari masyarakat. Saya sebagai bagian dari pimpinan dan insan KPK sekali lagi mendukung dan berharap di bawah kepemimpinan pak Nawawi kembali marwah dan harkatnya sebagai bagian dari upaya pemberantasan korupsi terpercaya di Indonesia,” ujar wakil ketua KPK, Nurul Ghufron dalam video pernyataan yang Diskursus Network terima pada Senin (27/11/2023).

Baca juga: Abdullah Hehamahua: Firli Ini Pimpinan KPK Yang Paling Brengsek!

Ghufron menyebut pihaknya membuka diri untuk perbaikan internal KPK, Ghufron juga yakin Nawawi mampu kembali bergandengan dengan semua elemen bangsa pejuang antikorupsi.

“Kami berharap mudah-mudahan di tangan kepemimpinan pak Nawawi bersama kami pimpinan lainnya mudah-mudahan mampu mengembalikan soliditas internal dan kepercayaan publik bagi penanganan korupsi ke depan. Kami yakin pak Nawawi sebagai pimpinan yang paling senior dan memiliki pengalaman sebagai hakim tentu memiliki kecermatan yang lebih,” ucap Ghufron.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menetapkan ketua KPK Firli Bahuri sebagai tersangka kasus dugaan pemerasan dan penerimaan gratifikasi penanganan permasalahan hukum di kementerian pertanian, Rabu malam.

Penetapan tersangka itu dilakukan usai Penyidik Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya menemukan alat bukti keterlibatan Firli dalam kasus tersebut ketika melakukan gelar perkara. (DN-P)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.