Pesawat Tempur TT-3103 Yang Terjatuh Milik Skadron Udara 21 Lanud Abdurachman Saleh Malang

oleh -0 Dilihat
TT-3103
Pesawat Tempur Taktis Super Tocano

Jakarta – 2 Pesawat dikabarkan terjatuh di kawasan Gunung Kundi, Kabupaten Probolinggo dan Watu Gedhek, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Video amatir beredar, 2 unit pesawat diduga milik TNI Angkatan Udara jatuh di kawasan Gunung Kundi, Kabupaten Probolinggo dan Kampung Watu Gedhek, Desa Keduwung, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dari video yang beredar, hanya 1 pesawat yang secara jelas teridentifikasi. Warga yang merekam terlihat panik menghindari ledakan yang terjadi, asap mengepul dengan api membakar bagian depan pesawat dengan nomor TT-3103. Berdasarkan kode nomor ekor, pesawat jenis tempur taktis. Belum ada konfirmasi langsung dari TNI terkait insiden ini.

Pesawat Tempur Taktis TT-3103

Pesawat dengan Nomor Kode Ekor TT-3103 diketahui berjenis Super Tucano milik Pangkalan Udara (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang.

Dari pemberitaan sebelumnya, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menerima pesawat ini pada akhir September 2012. Sebanyak empat unit pesawat tempur Super Tucano EMB-314 saat itu diterima Lanud Abdulrachman dari Brazil diantaranya dengan nomor registrasi TT-3101, TT-3102, TT-3103 dan TT-3104.

Kepala Seksi Pemeliharaan Skadron Udara 21 Lanud Abdurachman Saleh, Mayor (Tek) Anton Firmansyah, pada Jumat, 1 Juni 2012 menyatakan pesawat tersebut untuk menggantikan pesawat Bronco.

“Seluruh Super Tucano dioperasikan oleh Skadron Udara 21 untuk menggantikan peran OV-10 Bronco,” kata Anton. (DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.