Kisah Nabi Luth AS Singkat dan Lengkap

oleh -0 Dilihat
Kisah Nabi Luth
image: matadornetwork

Diskursusnetwork.com – Kisah Nabi Luth AS begitu populer karena berhubungan dengan kaum Sodom. Nabi Luth sendiri adalah nabi ke-8 yang wajib diimani dalam agama Islam. Berada di satu garis keturunan dengan Ibrahim AS, Nabi Luth secara khusus melanjutkan dakwah dari Nabi Ibrahim AS.

Sebelum mendapatkan tugas dari Allah SWT tersebut, Nabi Luth AS tumbuh besar menjadi seorang pemuda cerdas. Akhlaknya pun diketahui sangat mulia. Hal ini ternyata disebabkan karena didikan dari sang paman, Nabi Ibrahim AS.

Dalam perjalanannya membimbing kaum Sodom, banyak hal yang dialami oleh Nabi Luth. Pasalnya, dakwah Nabi Luth tidak serta merta langsung diterima lapang dada oleh para kaum Sodom. Untuk menghukum kaum Sodom yang tidak kunjung bertaubat, Allah SWT bahkan menurunkan azab-Nya.

Awal Kelahiran Nabi Luth AS

Nabi Luth AS disebut dilahirkan di wilayah kota Ur Kasdim, Irak. Beliau dilahirkan dari ayah yang bernama Haran. Diketahui, Haran merupakan saudara kandung Nabi Ibrahim AS. Saat masih kecil, ayah Nabi Luth meninggal dunia. Hal inilah yang membuatnya dibesarkan oleh Nabi Ibrahim AS.

Selama dibesarkan oleh Nabi Ibrahim AS, Nabi Luth tumbuh sebagai pemuda yang cerdas dan berakhlak mulia. Bahkan, Nabi Luth secara suka rela mengikuti Nabi Ibrahim saat beliau mendapatkan perintah dari Allah untuk meninggalkan tanah kelahirannya.

Nabi Ibrahim dan Nabi Luth muda pun melakukan perjalanan bersama menuju ke Canaan. Sayangnya, mereka akhirnya memutuskan untuk memisahkan diri karena beberapa pertimbangan. Setelah berpisah dengan Nabi Ibrahim, Allah SWT pun memberikan perintah lain pada Nabi Luth.

Kisah Nabi Luth dan Kaum Sodom

Berpisahnya Nabi Ibrahim dan Nabi Luth ini disebabkan karena adanya perintah Allah yang berbeda. Nabi Ibrahim diutus Allah untuk menyebarkan ajaran tauhid kepada umat manusia. Semantara itu, Nabi Luth AS diutus Allah SWT untuk menyampaikan pesan-pesan peringatan pada kaum Sodom.

Kaum Sodom sendiri adalah sekelompok orang yang punya perilaku menyimpang. Disebut menyimpang karena mereka menyukai sesama jenis baik laki-laki maupun perempuan. Untuk itu, Nabi Luth AS diutus Allah untuk membimbing pada kaum Sodom untuk meninggalkan perbuatan maksiat.

Jika kamu membaca kisah Nabi Luth Kaum Sodom, kamu akan tahu bahwa menyadarkan kaum maksiat ini bukanlah hal yang mudah. Dengan segala upaya, Nabi Luth AS memperingati kaum tersebut. Namun, hanya sedikit yang terketuk pintu hatinya.

Hingga suatu ketika, Allah SWT pun murka. Ia lantas langsung menurunkan azab kepada kaum Sodom. Saat itu, daerah kaum Sodom dilanda hujan batu disertai dengan gempa bumi. Seluruh orang yang bermaksiat pun lenyap dan hanya tersisa Nabi Luth AS serta pengikutnya yang beriman.

Kisah Nabi Luth dan Istrinya

Selama menjalankan tugasnya untuk memberi peringatan pada Kaum Sodom, Nabi Luth AS diketahui menikah dengan seorang perempuan bernama Waliah. Dari pernikahan tersebut, hadir dua orang puteri yang bernama Raitsa dan Zaghrata.

Seperti yang sudah tertulis pada sejarah Nabi Luth AS, kaum Sodom pada akhirnya harus musnah karena diazab oleh Allah SWT. Dalam daftar kaum yang diazab itu, ada sosok istri Nabi Luth. Diazabnya istri Nabi Luth ini disebabkan karena Waliah pernah membocorkan rahasia kepada Kaum Sodom.

Saat itu, para malaikat yang rupawan tengah hadir menjadi tamu di rumah Nabi Luth AS. Kedatangan tersebut rahasia. Namun, Waliah malah membocorkannya pada Kaum Sodom. Hingga pada saat azab diturunkan, muncul wahyu dari Allah SWT agar Nabi Luth dan pengikutnya tidak menoleh ke belakang.

Sayangnya, Waliah memilih untuk menoleh ke belakang. Akibatnya, ia pun terkena azab Allah sama seperti Kaum Sodom lainnya. Sementara itu, Nabi Luth AS bersama dengan pengikutnya yang tersisa pun terus melanjutkan hidup dengan ajaran Allah SWT.

Mukjizat Nabi Luth AS

Seperti yang sudah disebutkan dalam kisah Nabi Luth singkat, sesuai dengan perintah Allah SWT, beliau menyerukan dan memberi peringatan keras kepada Kaum Sodom untuk kembali ke jalan yang benar. Sayangnya, seruan ini secara terang-terangan mendapatkan penolakan.

Karena itulah, Allah SWT pun menurunkan mukjizat pada Nabi Luth AS. Dengan mukjizat ini, setidaknya ada beberapa Kaum Sodom yang akhirnya mulai menyadari perbuatannya yang salah. Lantas, apa saja mukjizat Nabi Luth AS tersebut? Ini dia daftarnya!

1. Dapat Berbicara dengan Malaikat

Mukjizat pertama yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Luth AS adalah kemampuannya untuk berbicara dengan malaikat. Momen ini terjadi saat beliau mendapatkan penolakan keras dari Kaum Sodom saat memulai dakwah untuk meninggalkan perbuatan maksiat.

Tidak terima perilakunya ditentang, Kaum Sodom pun berniat menyerbu rumah Nabi Luth AS. Saat itulah, Allah akhirbya menngutus dua malaikat untuk menyelamatkan Nabi Luth AS dan pengikutnya yang beriman. Untuk itu, Nabi Luth dianugerahi kemampuan berbicara dengan malaikat Allah.

2. Dapat Membutakan Kaum Sodom

Mukjizat selanjutnya yang tertulis dalam kisah Nabi Luth masih seputar penyerangan Kaum Sodom. Saat pertama kali menyerang, Allah kemudian memerintahkan para malaikat untuk menampakkan diri dengan wujud yang sangat menyeramkan. Saat itu, banyak Kaum Sodom yang terbirit ketakutan.

Selanjutnya, Allah SWT pun memerintahkan malaikat untuk membutakan Kaum Sodom. Tujuannya adalah agar mereka tidak menyadari dan menemukan keberadaan Nabi Luth AS dan pengikutnya yang beriman

3. Diselamatkan dari Bencana

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Allah SWT akhirnya menurunkan azab kepada Kaum Sodom. Azab berupa bencana alam gempa bumi disertai hujan batu ini pun memusnahkan seluruh Kaum Sodom yang bermaksiat. Termasuk istri Nabi Luth AS yang berkhianat.

Dari kisah Nabi Luth diketahui bahwa setelah diselamatkan oleh Allah SWT, Nabi Luth dan para pengikutnya yang beriman dibimbing oleh malaikat keluar dari Kota Sodom. Mereka diberikan tempat yang aman untuk melanjutkan dakwah dan membuat banyak orang percaya pada kebesaran Allah.

Hikmah dari Mukjizat Nabi Luth AS
Sebagaimana kisah nabi dan rasul Allah SWT pada umumnya, tentu saja ada hikmah yang tersembunyi dibalik kisahnya. Selain dari teladannya, hikmah ternyata juga bisa kamu ambil dari mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Luth AS.

Kamu penasaran apa saja hikmah dari mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Luth AS dan apa hubungannya dengan kehidupan sehari-hari? Berikut ini daftarnya.

1. Allah SWT Akan Selalu Menolong Hamba-Nya yang Beriman
Seperti diketahui dari kisah Nabi Luth, Allah memang menurunkan azab kepada Kaum Sodom. Namun, Allah tetap melindungi Nabi Luth dan para pengikutnya yang beriman. Karena itulah, tetap tebalkan keimanan kamu agar selalu mendapatkan pertolongan dari Allah.

2. Allah SWT Pasti Akan Menurunkan Azab Pada Orang yang Zalim dan Durhaka
Kaum Sodom sebelumnya telah berkali-kali mendapatkan teguran hingga peringatan keras dari Allah SWT lewat Nabi Luth AS. Sayangnya, hal ini tidak dipedulikan sehingga azab Allah pun tidak terhindarkan. Karena itulah, jangan sekali-kali kamu membuat maksiat.

Pada akhirnya, dari Nabi Luth AS kamu bisa belajar untuk selalu taat atas ajaran Allah SWT. Setiap larangan dari Allah SWT pada dasarnya sudah ditetapkan dan terbukti akan merugikan di suatu saat nanti. Karena itulah, menjadi hamba yang beriman akan membuat hidupmu lebih damai.

Dari kisah tersebut, tentu saja ada banyak hal yang patut untuk kamu pelajari. Dari pelajaran tersebut, tentu saja ada banyak hal juga yang harus dihindari. Semoga dengan meneladani kisah Nabi Luth AS tersebut, hidup jadi lebih berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.