7 Hardisk Eksternal Terbaik 2024, Ada yang Anti Guncangan!

oleh -0 Dilihat
Hardisk Eksternal Terbaik
image: macsources

Diskursusnetwork.com – Hardisk eksternal terbaik kira-kira merk apa dan berapa ya harganya? Pilihan merk ada banyak kok, dan harganya pun bervariasi.

Jadi, kamu bisa sesuaikan sendiri nih dengan isi dompet. Saat kapasitas ruang penyimpanan di laptop atau PC kamu hampir penuh, maka beli hard disk eksternal jadi salah satu solusi.

Kalau dibanding dengan beli laptop atau PC baru, beli hardisk eksternal terbaik tentunya jauh lebih hemat anggaran dong. Hard disk eksternal ini juga jadi salah satu solusi mudah buat kamu yang mungkin enggan menggunakan Dropbox atau Google Drive sebagai tempat menyimpan data-data atau file.

Rekomendasi Hardisk Eksternal Terbaik

Kapasitas memori dari hardisk eksternal yang luas bikin kamu bisa menyimpan berbagai data, mulai dari dokumen, file kerjaan, lagu, hingga film. Tenang, file-file berukuran besar bisa kamu simpan di hardisk eksternal dengan aman kok.

Perangkat keras ini pun bisa kamu bawa kemana-mana tanpa memakan banyak tempat. Berikut ini beberapa rekomendasi hardisk eksternal terbaik 2023:

1. Seagate Backup Plus Slim 1TB

Seagate Backup Plus Slim 1TB
image: youtube @whatiboughttoday9447

Kalau kamu cari hardisk eksternal dengan desain ramping tapi kapasitas memorinya luas, maka Seagate Backup Plus Slim 1TB cocok banget nih jadi pilihan.

Makin keren lagi karena case hardisk eksternal terbaik ini hadir dalam 6 enak pilihan warna, yaitu merah, hitam, abu-abu, gold, perak, dan juga biru.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp700.000 – Rp755.000 di marketplace, hardisk eksternal ini sudah dilengkapi dengan garansi hingga 3 tahun lho!

Jadi kalau ada kerusakan yang disebabkan bukan karena human error, maka kamu bisa klaim garansi dan bisa dapat hardisk yang baru.

Soal transfer data, kamu bisa lakukan secara praktis dan cepat lewat port USB 3.0. Lalu soal kecepatan sekitar 5.400 revolutions per minute (RPM).

Seagate Backup Plus Slim 1TB kompatibel dengan banyak OS mulai dari Windows Vista, Windows 7 hingga 10, dan Windows XP SP3 (32-bit dan 64-bit). Kalau untuk penggunaan pada perangkat Mac atau Apple, bisa juga tapi perlu kamu format terlebih dulu.

baca juga: Merk SSD Terbaik

2. Seagate Expansion 1TB

Seagate Expansion 1TB
image: eurogamer

Varian eksternal hardisk terbaik dari merk Seagate adalah Expansion 1TB, yang dijual dengan harga sekitar Rp665.000 – Rp695.000 di online shop dan sudah include garansi 2 tahun. Karakteristik dari hardisk ini adalah ringan, jadi gampang untuk dibawa kemana-mana.

Tak perlu menginstall software tambahan apapun, kamu bisa langsung menggunakan Seagate Expansion 1TB cukup dengan menyambungkan PC atau laptop dengan kabel USB tipe 3.0.

Lewat kabel ini, kamu bisa transfer data dengan kecepatan yang mumpuni. Sistem operasi yang kompatibel adalah Windows 7 dan 8.

baca juga: Laptop 7 Jutaan

3. Transcend StoreJet 25M3 1TB

Transcend
image: youtube @MobileShots

Masuk dalam kategori hardisk eksternal terbaik tahun ini, Transcend StoreJet 25M3 1TB bisa kamu bawa pulang dengan menyiapkan uang sekitar Rp740.000. Hardisk portable ini dikenal tangguh dan tahan goncangan lho, atau biasa disebut dengan shock-resistant.

Bukan asal klaim, tapi hardisk ini memang sudah lolos uji jatuh militer AS dengan kode MIL-STD-810G. Bahkan, ada sistem perlindungan guncangan tiga lapis lho, mulai dari casing berbahan karet silikon, peredam suspensi internal yang bisa menyerap guncangan, dan bagian luar dibungkus hard case kokoh.

Kalau kamu berencana untuk membawa hardisk saat traveling, maka merk ini cocok banget jadi pilihan! Kamu bisa transfer file dengan port USB 3.1 secara cepat, dan untuk pilihan case tersedia dua warna, yaitu military green serta iron gray.

Fitur keren lainnya adalah tombol backup otomatis yang bisa kamu operasikan hanya dengan 1 sentuhan. Agar hardisk ini bisa digunakan, kamu perlu install dulu sebuah software bernama Transcend Elite pada PC atau laptop.

baca juga: Laptop 8 Jutaan

4. Western-Digital My Passport 1TB

Western-Digital My Passport 1TB
image: yangcanggih

Merk hardisk eksternal terbaik berikutnya adalah Western-Digital My Passport yang hadir dalam kapasitas 1TB. Merk Western-Digital atau biasa disingkat WD ini termasuk salah satu yang paling populer jadi dijamin aman terpercaya dalam menyimpan berbagai data kamu.

Soal desain dijamin nggak malu-maluin buat dibawa kemana-mana berkat bentuknya yang slim dan stylish. Pokoknya terasa pas deh di genggaman! Pada varian 1TB ini, tersedia beberapa pilihan warna mulai dari hitam dan putih hingga merah dan biru.

Keunggulan lain yang bikin WD dinobatkan sebagai salah satu hardisk eksternal terbaik tahun ini, yaitu adanya fitur software backup yang bisa kamu atur sesuai preferensi agar bisa mencadangkan file secara otomatis pada waktu tertentu atau sesuai yang sudah dijadwalkan.

File-file kamu dijamin tetap aman dengan tambahan perlindungan kata sandi dan adanya enkripsi hardware AES 256-bit bawaan hardisk. Selain bisa diandalkan, hardisk ini juga dilengkapi garansi resmi 3 tahun dari sang produsen dengan harga jual di antara Rp700.000 – Rp 725.000.

Kamu bisa gunakan Western-Digital hardisk pada Windows 10, 8.1, dan OS Chrome. Sementara untuk OS lain perlu diformat ulang.

baca juga: Laptop 6 Jutaan

5. Toshiba Canvio Basics 1TB

Toshiba Canvio Basics 1TB
image: youtube @SuperFjordmannen

Kalau kamu cari rekomendasi hardisk eksternal 1TB yang harganya lebih murah, maka bisa pilih Toshiba Canvio Basics 1TB yang harganya di kisaran Rp600.000 – Rp 695.000. Serupa dengan daftar sebelumnya, hardisk ini juga sudah include garansi 3 tahun dari distributor resmi.

Kamu bisa transfer data-data dengan cepat dengan port USB 3.0 yang rupanya juga kompatibel dengan USB 2.0 lho! Kecepatan transfernya sendiri bisa sampai 5.0 Gbit per detik, dan dengan kecepatan rotasi hingga 5.400 RPM.

Kecepatan segini sudah termasuk kencang, tapi sayangnya kamu harus puas dengan satu pilihan warna casing saja yakni hitam. Kamu bisa gunakan hardisk eksternal terbaik ini pada OS Microsoft Windows tanpa harus instalasi software tambahan lain.

baca juga: Harga laptop Zyrex

6. WD Elements 1TB

wd elements 1tb
image: cnet

Kembali ke merk Western-Digital yang jadi salah satu hardisk bagus dan awet, kali ini adalah varian WD Elements 1TB yang label harganya sekitar Rp685.000.

Hardisk portabel ini dilengkapi 1 port USB 3.0 sebagai konektivitas universal, dan ada juga kapasitas yang lebih besar hingga 5TB kalau kamu membutuhkannya.

Punya laju transfer data yang sangat cepat, WD Elements 1TB ini punya body ramping dan ringan yang memudahkannya untuk dibawa bepergian.

Ada juga fitur ketahanan dan toleransi yang baik terhadap guncangan lho, yang bikin data-data tetap aman meski hardisk dibawa traveling. Nggak heran ya kalau WD Elements 1TB juga masuk dalam daftar hardisk eksternal terbaik.

Kamu bisa menggunakannya pada laptop dan PC dengan sistem operasi Windows 10 dan Windows 8.1. Ada garansi 2 tahun untuk pembelian kondisi baru, dan untuk casing hanya ada 1 warna yaitu hitam.

7. WD My Book 4TB

WD My Book 4TB
image: blibli

Cari hardisk eksternal 4TB terbaik? Salah satu pilihannya adalah WD My Book 4TB yang harganya di angka Rp1.500.000. Harganya yang mahal sangat setara dengan kapasitas dan kualitasnya lho!

Serupa dengan varian lain dari merk WD, hardisk eksternal ini dilengkapi dengan port USB 3.0 untuk menyambungkannya dengan PC atau laptop sekaligus untuk kebutuhan transfer data. Rotation speed yang dihasilkan mencapai 5.400 RPM yang tergolong nggak lemot.

Pada port yang sama, kamu bisa gunakan juga USB 2.0 lho! OS yang kompatibel ada banyak nih, yaitu Windows 7, 8, dan 10, serta Mavericks, Yosemite, dan Mac OS X El Capitan.

Hardisk eksternal terbaik sebenarnya tergantung pada kebutuhan kamu sendiri, terutama dalam hal kapasitas memori. Kalau untuk menyimpan data-data yang besar seperti hasil edit video atau aplikasi game berat, maka kamu bisa pilih WD My Book 4TB agar nantinya nggak perlu beli hardisk eksternal lagi.

Tapi kalau untuk kebutuhan yang masih standar, seperti data-data kerjaan atau kampus, maka kapasitas 1TB sudah termasuk mumpuni. Sementara untuk kamu yang suka traveling dan bawa-bawa laptop + hardisk eksternal, maka pilih yang tahan guncangan seperti Transcend StoreJet 25M3 dan WD Elements.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.