Ada Apa Dengan Semangka? Berikut 4 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

oleh -0 Dilihat
Manfaat Buah Semangka
Manfaat Buah Semangka

DiskursusNetwork – Hari ini buah semangka ramai menghias beranda sosial media, baik berupa status maupun menggantikan foto tampilan profile. Buah semangka dengan nama latin Citrullus lanatus merupakan salah satu tanaman merambat dari Afrika bagian selatan. Buah yang termasuk dalam keluarga Citrullus ini tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan cuaca yang cenderung hangat. Buah semangka masih sekerabat dengan labu-labuan (Curcubitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus).

Ketika matahari panas terik belakangan ini, konsumsi semangka tentu menjadi pilihan paling menyegarkan. Selain kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, semangka juga terkenal akan beberapa khasiatnya:

1. Membantu Hidrasi Tubuh

Semangka terdiri atas 92% air. Karenanya, buah ini bisa membuat tubuh terhindar dan menurunkan risiko dehidrasi. Kandungan air yang tinggi di dalamnya juga bisa membuatmu kenyang lebih lama.

Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kulit dan rambut tentu akan lebih segar.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan penderita asma

Kaya akan vitamin A, C, B dan Magnesium, bermanfaat untuk kesehatan jantung dan mengurangi keparahan asma.

Semangka juga kaya kandungan nutrisi. Sejauh ini, semangka terbilang sebagai salah satu buah yang rendah kalori. Buah ini hanya mengandung 46 kalori setiap 154 gram.

Sebuah penelitian menyebut bahwa likopen dalam semangka mampu membantu menurunkan kolesterol.

Semangka juga menyimpan citrulline di dalamnya, yang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

3. Mencegah Kebutaan pada Lansia

Menurut penelitian, likopen terbukti dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia yaitu gangguan pada mata yang bisa memicu kebutaan pada lansia.

4. Meringankan Nyeri Otot dan peradangan

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus semangka dapat mengurangi nyeri otot yang biasa terjadi setelah berolahraga.

Manfaat semangka yang satu ini ternyata diperoleh dari kandungan citrulline di dalam buah tersebut.

Kombinasi antioksidan, yaitu likopen dan vitamin C dalam semangka berperan penting dalam mencegah stres oksidatif dan menurunkan peradangan.

Jadi, masih berpikir ada apa dengan ramainya status semangka hari ini, tanyakan dulu kepada diri anda sudah konsumsi buah semangka hari ini? (DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.