8 Merk SSD Terbaik Tahun 2024, Untuk Laptop & PC

oleh -0 Dilihat
Merk SSD Terbaik
image: youtube @SebelasHardware

DiskursusNetwork – Merk SSD terbaik adalah hal yang penting karena nantinya kamu jadi lebih hemat biaya, sebab yang berkualitas bisa bertahan lama.

Nah, kalau penyimpanan di laptop atau PC kamu sudah hampir penuh padahal masih banyak data yang perlu disimpan, maka tak harus beli laptop baru, tapi cukup beli SSD.

Solid-State Drive atau biasa disingkat SSD adalah salah satu perangkat keras alias hardware pada komputer atau laptop yang fungsinya untuk menyimpan data. Biasanya, SSD bekerja dengan cara menyimpan data secara terus menerus dan dengan menggunakan memori kilat.

Rekomendasi Merk SSD Terbaik Tahun Ini

Berbeda dengan HDD yang harganya lebih mahal bahkan sampai 30 jutaan, SSD tergolong lebih hemat anggaran lho, dan berikut ini sejumlah merk SSD external terbaik yang recommended untuk kamu beli:

1. Western Digital

ssd western digital
image: jagatreview

Super populer, merk SSD terbaik pertama adalah Western Digital. Merk yang berasal dari perusahaan ternama asal Amerika Serikat ini punya produk unggulan hard disk drive berlabe WD. Perusahaan ini juga pernah punya produk inovatif yang memadukan SSD dengan hard disk, yang kemudian disingkat SSHD.

Tapi sayangnya, produk ini kurang mendapat respon baik nih dari target pasar, sebab orang-orang lebih tertarik dengan SSD. Akhirnya, Western Digital ikut terjun ke pasar SSD tapi masih sambil memproduksi HDD. WD Black SN750 jadi salah satu varian SSD terbaik yang bisa kamu temukan di toko-toko online.

SSD varian ini tergolong paling murah dalam kategori M2 250 GB dengan harga di bawah 1 jutaan. SSD ini dilengkapi interface PCIe 3 dengan kecepatan baca hingga 3400 MB/s dan kecepatan tulis hingga 2900 MB/s. Menariknya lagi, Western Digital memberikan garansi sampai 5 tahun lho!

2. Intel

ssd Intel
image: techspot

Intel jadi salah satu merk SSD terbaik untuk laptop yang mudah kamu temukan. Merk yang satu ini sudah tak perlu kamu ragukan lagi karena dijamin berkualitas jempolan. Salah satu varian SSD Intel yang cukup recomended saat ini adalah Intel 660P. SSD M.2 NVME yang dilengkapi interface PCIe3.

Cukup rogoh kocek sekitar 1 jutaan dan kamu sudah dapat varian SSD dengan ukuran 1 TB yang kecepatan baca dan tulisnya bisa sampai 1800 MB/s.

Menurut sang produsen, varian SSD ini diklaim memiliki masa pakai yang cukup panjang lho, yaitu mencapai 1.6 juta jam. Mantap banget, kan?

3. Samsung

ssd Samsung
image: detik

Kalau ngomongin soal merk SSD terbaik, Samsung nggak mungkin lolos dari daftar ya. Samsung 980 Pro jadi salah satu varian SSD terbaik pada kategori M.2 NVME yang sudah dilengkapi dengan PCIe 4.0 yang diklaim paling kencang di dunia.

Kecepatan bacanya saja bisa sampai 7000 MB/s lho, dan kecepatan baca sampai 5100 MB/s. SSD Samsung 980 Pro tersedia dalam beberapa ukuran nih, mulai dari 250 GB – 2 TB. Kalau cari ukuran terkecil, harganya sekitar 1 jutaan saja dan sudah dapat garansi 5 tahun.

4. Corsair

ssd Corsair
image: yangcanggih

Corsair dikenal sebagai salah satu produsen dalam berbagai macam periferal serta komponen komputer, mulai dari mouse dan keyboard hingga power supply, flashdisk, RAM, hingga SSD. Produk-produk dari merk Corsair ini cukup populer di kalangan gamers, karena kinerjanya yang memang tinggi.

Corsair Force Series MP600 adalah salah satu varian merk SSD terbaik yang bisa kamu pertimbangkan untuk laptop atau PC gaming. SSD M.2 NVME ini punya kecepatan tulis sampai 2950 MB/s dan kecepatan baca sampai 4950 MB/s.

Pemutakhiran teknologi ala Corsair membuat SSD ini konon bisa dipakai sampai 1.7 juta jam lho. Kamu bisa dapatkan varian 500 GB dengan harga 2 jutaan yang sudah dilengkapi garansi seumur hidup. Keren banget ya!

5. TeamGroup

ssd TeamGroup
image: tomshardware

Cari merk SSD sata terbaik? Maka TeamGroup adalah jawabannya. Salah varian terpopulernya adalah T-Create Classic SATA yang dibanderol dengan harga 1 jutaan saja dengan kapasitas 1 TB. Merk asli Taiwan ini fokus pada produksi memori jenis flash, seperti flash disk, RAM, dan SSD.

Kalau bicara soal kualitas, kamu tak perlu ragu lagi sebab perusahaan ini sudah ada sejak tahun 1997 lho. Produk SSD dari merk ini punya beberapa kategori seperti T-Create Classic untuk user rumahan dan T-Create Expert untuk para pekerja profesional. Ada juga nih yang khusus buat gamers, yaitu T-Force Gaming.

Ketiga SSD ini tersedia dalam M.2 alias 2.5 inci. Kecepatan baca dan tulisnya memang nggak termasuk besar kalau dibanding dengan sejumlah merk sebelumnya, yaitu sekitar 550 MB/detik untuk kecepatan baca dan 520 MB/detik untuk kecepatan tulis. Tapi untuk garansi termasuk mumpuni yakni 3 tahun.

6. Adata

ssd Adata
image: pcmag

Adata juga masuk dalam kategori merk SSD terbaik PC yang harganya masih termasuk ramah di kantong. Perusahaan Adata sendiri sudah ada sejak tahun 2001 dan masih eksis sampai sekarang. Berasal dari Taiwan, Adata berhasil masuk dalam kategori 5 perusahaan dengan penjualan RAM terbanyak.

Meski produk SSD merk ini belum sementereng RAM, tapi kualitasnya dijamin nggak asal-asalan. Siapkan dana sekitar 1 jutaan dan kamu sudah bisa dapat SSD NVME terbaik dari Adata yang namanya adalah XPG SX8200 Pro, yang sudah menggunakan antarmuka PCIe 3.0
Kecepatan bacanya berjalan di angka 3500 MB/s dan kecepatan tulis sampai 3000 MB/s.

SSD ini sudah didukung dengan LPDP ECC serta teknologi RAID Engine yang bikin reliabilitas dan kinerjanya mantap. Umur pakainya bisa sampai 2 jutaan jam dan ada garansi 5 tahun dari produsen.

7. SK Hynix

ssd SK Hynix
image: tomshardware

Merk SSD terbaik dan paling rekomen lainnya adalah SK Hynix. Merk ini berasal dari Korea Selatan yang awalnya memproduksi mobil dengan merk Hyundai. Tapi di tahun 2012, perusahaan ini diakuisisi oleh SK Telecom yang bergerak di bidang telekomunikasi.

Akhirnya, kini perusahaan jadi salah satu yang terbesar di dunia dalam memproduksi chip memori, khususnya untuk RAM dan SSD. Tak muluk-muluk, SK Hynix membagi tiga kategori saja untuk produk SSD-nya, yakni komputer personal, kantoran, dan Enterprise.

Khusus untuk kategori ketiga ditujukkan untuk server dan workstation. Salah satu model SSD yang recomended dari merk ini adalah SK Hynix PC711 yang dirancang dengan interface PCIe 3.0. dalam bentuk M.2 2280.

Kapasitasnya tersedia dari 256 GB hingga 1 TB. SSDSK Hynix PC 711 banyak dijadikan driver utama oleh para produsen komputer ternama seperti Dell, HP, ASUS, dan laptop. Jadi kalau kamu cari merk ssd terbaik ASUS, maka SK Hynix adalah jawabannya.

8. Transcend

ssd Transcend
image: Transcend

Satu lagi merk SSD terbaik 2023 adalah Transcend. Merk ini berasal dari Taiwan yang dikenal sebagai produsen berbagai produk memori, seperti salah satunya SSD. Produk-produknya sudah berlabel ISO 9001 lho, dan perusahaannya sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1988.

Pada lini produk SSD, ada beberapa varian yang bisa kamu pilih, seperti SSD 2,5 inci SATA, SATA III M.2, PCIe M.2, dan mSATA. Semuanya merupakan SSD M2 NVME dengan harga terjangkau di angka 1 jutaan saja.

Meski budget friendly, tapi kinerjanya cukup mumpuni dengan kecepatan tulis 1100-2700 MB/detik dan kecepatan baca 3300-3500 MB/detik. Ada garansi 2 tahun dengan klaim masa pakai hingga 2 juta jam.

Ada beragam merk SSD terbaik dengan harga yang termasuk ramah di kantong dan mudah ditemukan di berbagai toko online. Kesimpulannya, daftar SSD di atas dibanderol harga 1-2 jutaan saja, termasuk lebih murah daripada harga laptop atau satu set PC baru, bukan?

Kalau kamu cari SSD dengan kecepatan baca tulis yang super kencang, maka merk Samsung adalah pilihan terbaik. Sedangkan untuk kecepatan yang sedang di angka 3000-4000 an, kamu bisa pilih Western Digital, Corsair, atau Adata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.