Presiden Ajak Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia

oleh -0 Dilihat
Presiden Ajak Wujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia
Atraksi kapal nelayan hias sebagai bentuk apresiasi nelayan pada peringatan Hari Maritim Nasional.

Kupang – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengingatkan bahwa cara melihat laut harus berubah. Presiden juga mengatakan bahwa pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi secara arif dan bijak akan membuat kita menjadi negara kuat dan makmur berbasis kekuatan kemaritiman. Dirinya kemudian mengajak untuk wujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Laut bukanlah pemisah, laut adalah penghubung antar pulau. Laut adalah sumber penghidupan dimana banyak rejeki tersimpan didalamnya laut adalah anugrah tuhan yang harus kita jaga, harus kita muliakan,” tutur Presiden Joko Widodo dalam Perayaan Puncak Hari Maritim Nasional ke 59 Tahun 2023 di Kupang, Nusa Tenggara Barat (12/10/2023).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mewakili Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi menyampaikan tema HMN ke-59 tahun 2023 menggambarkan kesiapan Indonesia membangun kemaritiman Indonesia untuk Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan.

Dirinya menjelaskan bahwa Peringatan Hari Maritim Nasional tahun ini mengambil tema “Layar Terkembang Manuju Indonesia Maju”. Tema HMN ke-59 ini juga tergambarkan secara visualisasi melalui Konsep background display kapal-kapal yang memberi nuansa Kemaritiman serta atraksi kapal nelayan hias sebagai bentuk apresiasi nelayan pada peringatan Hari Maritim Nasional.

“Puncak Hari Maritim Nasional ke-59 di Kota Kupang, ini juga menjadi momentum strategis untuk kami sampaikan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) dan Proyek Prioritas Strategis Nasional (Major Project) di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang telah berhasil diselesaikan dan juga ditargetkan selesai di akhir tahun 2023 sampai 2024 sebagai Janji Prioritas Bapak Presiden untuk Provinsi NTT,” ungkapnya.

Mengenai pemilihan Kota Kupang sebagai lokasi perayaan puncak HMN ke-59, Pj. Gubernur NTT, Ayodhia G. L. Kalake mengucapkan penghargaan dan terima kasihnya kepada Kemenko Marves. Pada pidatonya tersebut, Pj. Gub NTT menyampaikan sejumlah harapan Masyarakat dan pemerintah prov. NTT kepada pemerintah pusat.

“Kiranya berkenan untuk menjadi atensi Bapak Menteri Perhubungan, saat ini salah satu kendala yang dihadapi masyarakat NTT adalah kenaikan yang sangat signifikan pada harga tiket pesawat antar-wilayah dalam provinsi Nusa Tenggara Timur, ini yang kemudian turut menyumbang inflasi bapak, mohon perhatiannya dan mohon dukungannya,” pintanya.

Dirinya meyakini bahwa perayaan puncak HMN ke-59 di Kupang akan membawa semangat baru bagi masyarakat NTT dalam mengelola potensi maritim yang ada, khususnya dalam mendukung Pembangunan Negara Kepulauan berwawasan Nusantara menuju Indonesia Emas 2045. (DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.