Jokowi di Rakernas KORPRI: Jika Belanjanya Barang Impor Bodoh Sekali!

oleh -0 Dilihat
Jokowi di Rakernas KORPRI: Jika Belanjanya Barang Impor Bodoh Sekali!
Presiden Jokowi saat acara Rakernas Korpri di Jakarta, 3 Oktober 2023.

Jakarta- Presiden Jokowi kembali mengingatkan pemerintah pusat dan daerah untuk mengoptimalkan belanja produk UMKM. Jokowi mewanti-wanti jajarannya agar tidak membelanjakan uang yang sudah dikumpulkan dengan susah payah ke produk-produk impor yang menguntungkan negara lain.

Hal ini ditegaskan Jokowi dalam Rakernas Korpri di Jakarta, 3 Oktober 2023. Menurut Jokowi, harus ada percepatan realisasi belanja produk dalam negeri.

“kita kumpulkan menjadi APBN, APBD kemudian kita belanjanya barang impor, bodoh sekali kita. Hati-hati ini saya sampaikan kepada semua dinas” jelas Jokowi.

Jokowi mengingatkan agar anggaran yang ada baik APBN maupun ABPD harusnya digunakan untuk mendukung pertumbuhan UMKM dengan cara membeli produknya, bukan dengan produk impor.

“saya mengingatkan bolak-balik tapi belum berhasil” tutur Jokowi.

Belanja produk dalam negeri sudah semestinya dilakukan pemerintah. Sebab, anggaran yang digunakan pemerintah berasal dari pajak masyarakat, deviden BUMN, royalti tambang-tambang yang ada, penerimaan negara bukan pajak (PNBP). Karena itu, tidak semestinya anggaran itu digunakan hanya untuk pembelian produk impor.

Upaya itu, menurut Presiden, juga menjadi salah satu cara pemerintah mengatasi ketidakpastian global yang masih mengancam. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.