Ricuh, Demo Tolak Pengembangan Kawasan Rempang di Depan Kantor BP Batam

oleh -0 Dilihat
Ricuh, Demo Tolak Pengembangan Kawasan Rempang di Depan Kantor BP Batam
Unjuk rasa berujung bentrok di depan kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam ricuh, Senin, 11 September 2023.

Jakarta- Unjuk rasa berlangsung ricuh saat massa menggelar protes penolakan pengembangan Kawasan Rempang bentrok di depan kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam ricuh, Senin, 11 September 2023.

Semula, unjuk rasa berjalan damai namun tiba-tiba ricuh dengan menghancurkan pagar. Tidak hanya itu, lemparan batu, kayu, hingga bom molotov dilemparkan warga ke arah halaman kantor BP Batam.

Gas air mata dan water canon juga sudah ditembakkan ke arah kerumunan aksi unjuk rasa oleh petugas. Dari pantauan, beberapa petugas dan karyawan BP Batam ada yang terluka akibat terkena lemparan batu.

Hingga saat ini situasi di lapangan masih belum kondusif. Petugas gabungan yang berjaga saat ini, masih berusaha menghadang warga yang beberapa sudah masuk ke dalam halaman kantor BP Batam.

Sebelumnya, kepolisian menangkap 8 warga Pulau Rempang dalam bentrok antara warga dan aparat gabungan TNI-Polri-Satpol PP dalam protes penolakan pengukuran pembangunan kawasan “Rempang Eco City” di Pulau Rempang-Galang, Batam, Kamis, 7 September 2023.

Protes dilakukan imbas dari ribuan warga Pulau Rempang, Kota Batam, Kepulauan Riau, yang terancam digusur terkait rencana pengembangan kawasan Rempang Eco City.
Pasalnya, proyek ini berada di dua Kelurahan Pulau Rempang, Kelurahan Sembulang dan Rempang Cate.

Penggusuran ini berawal dari rencana pengembangan kawasan ekonomi baru atau The New Engine of Indonesia’s Economic Growth dengan konsep “Green and Sustainable City” di daerah itu.

Pembangunan ini menjadi fokus pemerintah pusat usai Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Cina pada akhir Juli lalu. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.