Jadi Salah Satu Sumber Polusi Udara, Jokowi Sebut Per Hari 996 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta

oleh -0 Dilihat
Jadi Salah Satu Sumber Polusi Udara, Jokowi Sebut Per Hari 996 Ribu Kendaraan Masuk Jakarta
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sebut sebanyak 996ribu kendaraan masuk ke wilayah Jakarta setiap harinya. (ils)

Jakarta- Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sebut sebanyak 996.000 ribu kendaraan masuk ke wilayah Jakarta setiap harinya.

Hal itu diungkapkan Presiden Jokowi saat meresmikan LRT Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, pada Senin (28/8/2023).

“Kita tahu DKI Jakarta ini selalu masuk ke dalam 10 besar kota paling macet di dunia,” kata Jokowi.

Menurutnya, hal itu terjadi lantaran setiap hari sebanyak 996.000 ribu kendaraan memasuki kota Jakarta.

“Sebanyak 996.000 ribu kendaraan memasuki kota Jakarta. Oleh sebab itu terjadi macet dan polusi udara selalu ada di Jakarta,” ujarnya.

Dalam hal ini, untuk mengurangi macet dan polusi udara, pemerintah mengimbau masyarakat agar beralih dari transportasi pribadi ke moda transportasi masal.

“Oleh sebab itu kenapa dibangun MRT, LRT dan moda transportasi masal lainnya, agar masyarakat dapat beralih dari transportasi pribadi ke tranportasi masal,” imbuhnya.

Berdasarkan Public Expose: Strategi Pengendalian Pencemaran Udara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jakarta 2022, kendaraan bermotor jadi sumber paling signifikan polusi Jakarta.

Sektor transportasi menjadi kontributor terbesar terutama untuk polutan NOx, CO, PM10, dan PM2.5, dan SO2.

Fakta soal kontribusi kendaraan ini seiring dengan jumlah total kendaraan di Jakarta yang terus meningkat, dengan laju kenaikan angka sepeda motor mencapai 4,9 persen, sementara mobil penumpang naik 7,1 persen per tahun.

Sementara, jumlah mobil beban naik 5,3 persen dan mobil bus 4,7 persen. Dengan laju kenaikan itu, berdasarkan data 2020, jumlah kendaraan bermotor di DKI mencapai 20,22 juta unit. (Red DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.