Relawan Ganjar Laporkan Kubu Prabowo Imbas Deklarasi di Museum

oleh -0 Dilihat
Relawan Ganjar Laporkan Kubu Prabowo Imbas Deklarasi di Museum
Partai pendukung Prabowo Subianto saat mendeklarasikan dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi (13/8/2023)

Jakarta- Ganjarian Spartan atau kelompok relawan pendukung Ganjar Pranowo melaporkan kubu Prabowo Subianto ke Bawaslu imbas menggunakan Museum Perumusan Naskah Proklamasi saat deklarasi dukungan.

Pelaporan dilakukan Ketua Komando Teritorial Ganjarian Spartan DKI Jakarta, Anggiat Tobing bersama Masyarakat Pecinta Museum Indonesia (MPMI). Sementara pihak yang dilaporkan antara lain ketua umum Partai Gerindra, Golkar, PKB dan PAN.

Menurut Anggiat, Museum Proklamasi tak seharusnya digunakan untuk acara politik mengingat tempat itu lekat dengan nilai historis.

“Tindakan kubu Prabowo merupakan upaya pembelokan sejarah dan mengatasnamakan sejarah perumusan naskah proklamasi. Mau dibelokkan menjadi kepentingan pencapresan Prabowo sendiri,” ujarnya.

Ia berharap Bawaslu menindaklanjuti laporan yang dilayangkan itu. Ia meminta Bawaslu tidak segan mengusut meski ada pejabat tinggi pemerintahan yang hadir dalam acara tersebut.

Sementara itu Wakil Ketua Umum Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengaku pihaknya telah mendapatkan izin dari pihak Museum untuk menggelar deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto.

“Sudah mendapatkan izin,” kata perempuan yang akrab disapa Sara itu.

Ia meyakini acara deklarasi capres di museum tak menyalahi aturan yang berlaku jika sudah mendapatkan izin.

Sebelumnya, partai Golkar dan PAN mendeklarasikan dukungannya untuk capres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), Prabowo Subianto, di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8). Prabowo mengungkapkan, ada alasan tersendiri mengapa mereka memilih museum ini sebagai lokasi deklarasi.

“Kita cari beberapa tempat, dan terakhir ini keputusan agak singkat ya. Ternyata diambil kesimpulan bahwa di sinilah tempat yang paling baik karena membawa suatu aura perjuangan, spirit, perjuangan kita juga dikawal. Walaupun ini hanya, katakanlah, suatu lambang,” ucap Prabowo usai deklarasi, Minggu (13/8).

Prabowo mengungkapkan, pemilihan lokasi itu bisa mengingatkan koalisinya untuk tidak bertindak gegabah dan tidak bertindak atas kepentingan sendiri. Prabowo juga berharap, koalisinya bisa bekerja dengan tulus bagi Indonesia. (Red DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.