Cegah PMK di Tanggamus, Ribuan Ternak Sapi dan Kerbau Divaksin PMK

oleh -0 Dilihat
Sebanyak 6.300 ekor ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Tanggamus, Lampung, telah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). (ilustrasi)
Sebanyak 6.300 ekor ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Tanggamus, Lampung, telah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). (ilustrasi)

Tanggamus – Sebanyak 6.300 ekor ternak sapi dan kerbau di Kabupaten Tanggamus, Lampung, telah mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Vaksin PMK untuk sapi serta kerbau sekitar 6.300 ekor sudah mendapatkannya,” kata Sekretaris Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Tanggamus, Ari Priyanto saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan, target vaksinasi PMK tahun ini terhadap hewan ternak sapi dan kerbau sudah terpenuhi. “Kalau sapi kerbau sudah hampir semuanya divaksin, tinggal sisir ternak yang baru,” kata dia.

Selanjutnya untuk hewan ternak kambing dan domba pihaknya menargetkan vaksinasi PMK tahun ini sebanyak 150.000 dosis.

Ia menyebutkan pihaknya sampai sekarang baru melakukan vaksinasi PMK sebanyak 6.000 dosis untuk ternak kambing dan domba. “Kalau kambing atau domba kurang lebih 6.000 ekor yang sudah divaksin, sebab data belum terkumpul semuanya,” ujar dia.

Ari Priyanto mengajak masyarakat terutama para pelaku usaha peternakan untuk berperan serta dalam upaya penguatan pencegahan PMK.

“Kami juga mengajak seluruh peternak dan para pelaku usaha peternakan untuk sama-sama menguatkan pertahanan kita dengan meningkatkan cakupan vaksinasi dan menerapkan ‘biosecurity’ sebagai pertahanan pertama dalam pencegahan PMK,” katanya pula.

Selain itu, Ari juga meminta para peternak hewan lebih meningkatkan kewaspadaan dan kebersihan kandang. “Jaga kebersihan kandang dan tidak mendatangkan ternak dari luar Tanggamus,” tambah dia. (red)

Baca : KPU Bandar Lampung Mencatat DPSHPA Telah Mencapai 790.952 Pemilih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.