Ternyata Masih Ada 15 Ribu Pemilih di Bandar Lampung Tak Punya KTP-EL

oleh -0 Dilihat
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, menyatakan ada ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) yang diajukan partai politik dinyatakan berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, menyatakan ada ratusan bakal calon legislatif (bacaleg) yang diajukan partai politik dinyatakan berstatus Belum Memenuhi Syarat (BMS

Bandarlampung– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung mengatakan bahwa sebanyak 15.000 pemilih di daerah ini belum memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el).

“Setelah kami data ada sekitar 15 ribu warga di kota ini belum melakukan perekaman KTP elektronik,” kata anggota KPU Bandarlampung Ika Kartika, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa KPU telah bersurat ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung terkait warga yang belum memiliki KTP-el tersebut.

“Data tersebut adalah hasil pencocokan dan penelitian (coklit) oleh pantarlih dan sudah kami sampaikan ke KPU Bandarlampung,” kata dia.

Kemudian, lanjut dia, KPU Bandarlampung masih menemukan data ganda, seperti data ganda di tempat pemungutan suara (TPS) di lokasi Khusus dan data ganda pemilih di luar negeri.

“Pemilih di TPS lokasi khusus masih terdata di TPS reguler, tentu ini harus kami tidak memenuhi syarat (TMS)-kan dan proses itu butuh koordinasi,” ujarnya.

Ika menambahkan bahwa untuk di TPS lokasi khusus di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 1 A Rajabasa kurang lebih terdapat sekitar 750 orang belum memiliki KTP-el.

“Dari data ini sudah berapa warga binaan yang melakukan perekaman KTP-el. Namun data ini sedang berproses dan kami menunggu data yang pasti dari pihak lapas,” kata dia.

Sebelumnya KPU Lampung telah menetapkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) pada Pemilu 2024 mendatang sebanyak 27.309 TPS, yang tersebar di 15 kabupaten kota, 229 kecamatan dan 2.651 desa/kelurahan.

Untuk kota Bandarlampung ada sebanyak 2.846 TPS dengan jumlah pemilih sekitar 800.406. (Red DN/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.