PPIH Arab Saudi Siapkan 108 Hotel di Mekkah Untuk 203.320 JCH Reguler

oleh -0 Dilihat
PPIH Arab Saudi Siapkan 108 Hotel di Mekah Untuk 203.320 JCH Reguler
Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 Masehi, Subhan Cholid memastikan hotel di Mekah siap sambut jamaah calon haji asal Indonesia.

Diskursusnetwork- Ketua Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1444 H/2023 Masehi, Subhan Cholid memastikan hotel di Mekah siap sambut jamaah calon haji asal Indonesia.

“Hari ini kita cek sejumlah hotel, utamanya yang akan menjadi kantor sektor. Alhamdulillah, semua sudah siap,” kata Subhan Cholid dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Jamaah calon haji Indonesia yang berangkat kloter pertama akan tinggal di Madinah sekitar sembilan hari untuk melaksanakan ibadah sunah Arbain sebelum diberangkatkan secara bertahap ke Mekah Al Mukarramah mulai 2 Juni 2023.

Ikut dalam peninjauan ini, Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam, Kadaker Mekah Khalilurrahman, Sekretaris Daker Mekah Tawabuddin, Kasi Akomodasi Mekah Abduh, dan sejumlah tim pendukung.

PPIH Arab Saudi telah menyiapkan 108 hotel di Mekah untuk 203.320 calon haji reguler berdasarkan kuota dasar. Jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah seiring adanya tambahan kuota sebanyak 8.000 calon haji.

“Kita cek kesiapan hotel, mulai dari kamar, kantor layanan, hingga klinik kesehatan dan lobi hotel. Alhamdulillah siap. Insya Allah 108 hotel yang telah dikontrak, siap menyambut kedatangan jamaah calon haji Indonesia di Mekah,” kata Subhan.

Sebanyak 108 hotel di Mekah itu terbagi dalam 11 sektor dan satu sektor khusus Masjidil Haram. Jarak terdekat dari hotel ke Masjidil Hatam sekitar 850 meter, sedangkan jarak terjauh sekitar 4.300 meter.

Selain itu, PPIH Arab Saudi telah menyiapkan bus Shalawat yang akan beroperasi selama 24 jam untuk mengantar jamaah ke Masjidil Haram.

Akomodasi jamaah Indonesia tersebut, tersebar di lima wilayah, yakni Sektor 1 dan 2 berada di Mahbas Jin, Sektor 3 sampai 5 berada di kawasan Syisah, Sektor 6 dan Sektor 7 di Raudlah, Sektor 8 dan 9 di Jarwal, serta sektor 10 dan 11 di wilayah Misfalah.

Petugas PPIH Arab Saudi juga mengecek sejumlah fasilitas pendukung haji ramah lansia, seperti ketersediaan kursi roda dan tempat duduk prioritas bagi lansia.

Berikut 11 hotel yang telah disiapkan menjadi kantor sektor:

1. Arkan Bakkah (Sektor 1, Mahbaz Jin)
2. Al Multazam Hotel (Sektor 2, Mahbaz Jin)
3. Vivian Hotel (Sektor 3, Syisah)
4. Tsarawat At Taqwa (Sektor 4, Syisah)
5. Raj Syisah (Sektor 5, Syisah)
6. Shafwat as-Syuruq (Sektor 6, Raudlah)
7. Afaq Al Masyaer (Sektor 7, Raudlah)
8. Kiswah (Sektor 8, Jarwal)
9. Wihdah Al Mutamayyiz (Sektor 9, Jarwal)
10. Manazilul Hurr (Sektor 10, Misfalah), dan
11. Park Regis (Sektor 11, Misfalah

(Red, DN/ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.