Pemprov Lampung Minta Jemaah Haji Lansia Diprioritaskan

oleh -0 Dilihat
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan dalam acara pelatihan petugas haji Lampung.
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi sambutan dalam acara pelatihan petugas haji Lampung.

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meminta kepada petugas haji daerah dapat memberi perhatian khusus bagi jamaah haji lanjut usia (lansia) di daerahnya.

“Diharapkan para petugas kloter dan petugas haji daerah, dapat menjalankan tugasnya dengan optimal dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada calon jamaah haji,” ujar Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, dalam keterangan persnya pada Selasa (16/5/2023),

Ia mengatakan pada tahun ini calon jamaah haji di Lampung didominasi oleh jamaah berusia lanjut (lansia) yakni sebanyak 359 orang dengan rincian yang paling tua berusia 96 tahun.

“Tahun ini jamaah haji banyak yang lansia, oleh karena itu peranan serta tanggung jawab petugas, sangat penting dalam menyediakan pelayanan bagi calon jamaah dalam menjalankan ibadahnya,” katanya.

Dia menjelaskan untuk menjamin kelancaran pelaksanaan haji 2023, pemerintah kabupaten dan kota diminta untuk menyiapkan transportasi, konsumsi, dan akomodasi bagi calon jemaah haji dari daerahnya masing-masing.

“Lalu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung diharapkan dapat membagi kloter jamaah calon haji sesuai kabupaten dan kotanya, sehingga tidak ada yang terpisah dari rombongan daerahnya. Tidak lupa persyaratan administrasi seperti dokumen keimigrasian, kesehatan dan kelengkapan lain agar di periksa ulang,” tambahnya.

Menurut dia tim kesehatan juga diminta untuk selalu siap sedia mengantisipasi masalah kesehatan bagi jamaah yang hendak melakukan perjalanan ibadah Haji tahun 2023.

“Berikan perlakuan yang ramah, penuh kasih sayang, dan hormat kepada jamaah lansia. Lalu semua tugas harus dilakukan dengan cermat sebelum keberangkatan, harus dipastikan semua telah sesuai prosedur,” kata dia lagi.

Pada tahun ini tercatat jumlah jamaah calon haji di Lampung ada sebanyak 7.140 orang. Dengan jumlah petugas kloter sebanyak 90 orang, petugas haji daerah 44 orang dan jumlah kloter 19.

Dijadwalkan keberangkatan pertama akan dilaksanakan pada 23 Mei 2023, dan keberangkatan terakhir pada 13 Juni 2023, sedangkan untuk kepulangan pertama di 5 Juli dan kepulangan terakhir pada 26 Juli 2023. (red)

Baca : SEA Games 2023 : Timnas Indonesia U-22 Tak Ingin Lepaskan Mendali Emas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.