LSD Kembali Merebak, Delapan Sapi di Kabupaten Pesisir Barat Positif Terjangkit

oleh -0 Dilihat
ilustrasi : Dokter hewan di Kota Bandar Lampung memberikan vaksin PMK dan LSD
ilustrasi : Dokter hewan di Kota Bandar Lampung memberikan vaksin PMK dan LSD

Pesisir Barat – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Pesisir Barat, Lampung telah mencatat  sebanyak delapan sapi terpapar penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau cacar kulit ternak di wilayah tersebut.

“Iya benar kami telah menemukan sebanyak 8 kasus penyakit LSD pada hewan ternak sapi di Pesisir Barat,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, Unzir pada Selasa (16/5/2023)

Ia menjelaskan penemuan kasus penyakit LSD tersebut berada di Desa Way Redak, Kecamatan Pesisir Tengah.

Saat ini pihaknya sudah menerima laporan dari masyarakat terkait merebaknya penyakit cacar kulit yang menjangkit hewan ternak sapi tersebut.

Untuk penanganan pertama dalam mengobati hewan yang terjangkit LSD ini, pihaknya telah memberikan suntikan vitamin kekebalan tubuh bagi sapi yang menderita penyakit cacar tersebut.

“Untuk penanganan, kami pada hari Minggu kemarin sudah turun ke lapangan guna melakukan pengobatan terhadap hewan yang sakit dan membagikan disinfektan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat, khususnya para peternak, apabila hewan ternak mulai menunjukkan gejala seperti penyakit LSD segera untuk melaporkan ke pihak dinas kabupaten.

“Bagi masyarakat yang hewannya bergejala silakan lapor ke dinas atau penyuluh pertanian terdekat,” ujarnya.

Untuk diketahui wabah LSD merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae yang umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau.

LSD pertama kali dilaporkan di Zambia, Afrika, pada tahun 1929 dan terus menyebar di benua Afrika, Eropa, dan Asia. Pada tahun 2019 LSD dilaporkan di China dan India, lalu setahun setelahnya menyebar di Nepal, Myanmar, dan Vietnam.

Pada tahun 2021 LSD telah dilaporkan di Thailand, Kamboja, dan Malaysia. Tahun ini baru ditemukan di Indonesia.

Penularan LSD secara langsung melalui kontak dengan lesi kulit, namun virus ini juga dapat menular melalui darah, leleran hidung dan mata, air liur, seme,n dan susu pada ternak.

Penularan juga dapat terjadi secara intra-uterine atau melalui peralatan dan perlengkapan yang terkontaminasi virus LSD, seperti pakaian kandang, peralatan kandang, dan jarum suntik.(red)

Baca : Komisi II DPR RI Sidak Kantor BPN Kota Bandar Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.