Aliansi Organisasi Kesehatan Lampung Minta DPRD Sampaikan Aspirasi ke Pusat

oleh -0 Dilihat
Audiensi dilakukan oleh lima organisasi profesi kesehatan di Lampung bersama Pemerintah Provinsi Lampung. Bandarlampung, Kamis (11/5/2023)
Audiensi dilakukan oleh lima organisasi profesi kesehatan di Lampung bersama Pemerintah Provinsi Lampung. Bandarlampung, Kamis (11/5/2023)

Bandar Lampung – Rencana aksi tenaga kesehatan dan dokter di wilayah Lampung makin menggema, bahkan koalisi dan Ketua Persatuan Perawat Indonesia Wilayah Provinsi Lampung Puji Sartoni sempat menyambangi gedung DPRD.

“Kita telah ke gedung DPRD Provinsi Lampung guna menyampaikan aspirasinya terkait penolakan RUU Kesehatan Omnibus Law,” ujar Puji Satoni pada Jumat (12/5/2023).

Ia mengatakan, kedatangan mereka ke gedung dewan meminta dukungan dari DPRD Lampung dan Pemerintah Provinsi, untuk menghentikan pembahasan Rancangan Undang-undang Kesehatan, yang menurutnya tidak memihak pada para tenaga medis.

“Kami audiensi ke DPRD Lampung menyampaikan aspirasi kami memohon dukungan untuk tindak lanjut penolakan kami terhadap RUU Omnibus Law yang saat ini tengah dibahas oleh Pemerintah Pusat. Kami meminta penolakan ini disampaikan ke pusat melalui DPRD Lampung,” tegasnya.

Dijelaskannya, bahwa penolakan yang dilakukan oleh pihaknya tersebut, lantaran ada beberapa hal penting bagi profesi kesehatan terancam hilang dan jelas berdampak kerugian untuk tenaga kesehatan.

Diantaranya, hilangnya peran penting organisasi yang selama ini menurutnya berfungsi untuk merangkul seluruh tenaga kesehatan baik berstatus ASN maupun mandiri, dan akan beralih seluruhnya ke pemerintah.

“Di Omnibus Law tidak adak perlindungan hukum yang kongkrit terhadap kami para tenaga kesehatan. Peran organisasi profesi kesehatan ini juga terancam hilang, seluruhnya diserahkan ke pemerintah dan kami juga menyoal adanya STR seumur hidup, itu tidak sesuai dengan tujuan kami yang ingin memperbaiki kualitas serta kompetensi para anggota untuk beradaptasi dengan perubahan teknologi dan ilmu yang terus berkembang di dunia kesehatan,” ucapnya.

Beberapa Organisasi yang tergabung dalam Aliansi ini, yakni terdiri dari Ikatan Dokter Indonesia Lampung, Persatuan Perawat Nasional Indonesia Wilayah Lampung, Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Lampung, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, serta Ikatan Apoteker Indonesia Provinsi Lampung. (Red)

Baca : Catat! Ini Jadwal Keberangkatan Kloter Pertama Calon Jamaah Haji Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.