Kota Metro Akan Berangkatkan 304 Jamaah Calon Haji

oleh -0 Dilihat
haji (ilustrasi)
haji (ilustrasi)

Metro – Sebanyak 304 jamaah calon haji asal Kota Metro, Lampung siap diberangkatkan ke Tanah Suci pada pelaksanaan ibadah haji tahun 2023 ini.

Wali Kota Metro Wahdi Siradjuddin mengatakan, jumlah kuota haji Kota Metro pada tahun ini 315 orang. Namun, yang dinyatakan siap berangkat haji hanya 304 calon haji. Jumlah calon haji ini berkurang sedikit dibanding kuota haji kota setempat.

“Kuota kita ada 315, namun yang mengikuti manasik ini ada 304 calon haji. Ada sebagian calon jamaah yang belum menyelesaikan BPIH. Itu data yang saya terima dari Kemenag,” kata dia pada Kamis (11/4/2023

Ia menjelaskan, pada tahun ini calon haji Kota Metro termuda yakni berusia 22 tahun, sedangkan yang paling tua berusia 80 tahun.

“Tadi saya sudah berbincang dengan calon haji yang paling tua. Alhamdulillah beliau masih dalam keadaan kesehatan yang terjaga,” katanya lagi.

Menurut dia, dengan diberikannya pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh, calon haji diminta bisa memahami akan hal tersebut.

“Alhamdulillah kita sudah memasuki tahap ini. Itu artinya, para jamaah calon haji harus bisa memahami setiap kegiatan yang akan dilakukan di Tanah Suci. Selain itu, kita juga telah membantu beban dari jamaah berupa ongkos transpor daerah,” ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro Jamaludin menuturkan, saat ini kondisi para jamaah calon haji terpantau sehat dan bugar.

“Kondisinya sampai hari ini sudah sehat segar. Sebelum memasuki tahap ini juga, kita sudah melakukan cek kesehatan bagi para calon haji,” kata dia.

Selain itu, dia juga memberikan pembekalan edukasi dimana para calon haji harus bisa beradaptasi dengan lingkungan di Tanah Suci.

“Perlu dipahami juga kondisi udara yang memang perlu adaptasi akan hal itu. Tapi yang jelas, kami sudah mempersiapkan itu semua,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.