Jokowi Menilai IMT-GT Harus Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

oleh -0 Dilihat

Diskursus Network – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) harus mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan di tengah tantangan global yang tidak pasti.

Saat mengawali pertemuan KTT ke-15 IMT-GT di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis, 10 Mei 2023, Jokowi mengatakan bahwa volume perdagangan IMT-GT cukup baik, yakni mencapai 618 miliar dolar AS atau Rp9.089,23 triliun meski dilanda krisis global.

Ke depan IMT-GT harus makin mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan karena tantangan tidak mudah, ketidakpastian masih tinggi, rivalitas masih tajam dan efek domino guncangan ekonomi global masih mengancam.

IMT-GT merupakan kerangka kerja sama ekonomi yang dibentuk untuk meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan negara-negara IMT-GT. Melalui kerja sama IMT-GT, sektor swasta terus didorong menjadi mesin pertumbuhan.

Wilayah Indonesia yang menjadi bagian dari kerja sama IMT-GT adalah Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Sumatera Barat Pada aspek pariwisata, Indonesia menginisiasi peluncuran IMT-GT Visit Year Campaign 2023-2025 untuk mendorong pemulihan pariwisata di tiga negara.

Sebagai Ketua IMT-GT Bidang Pariwisata, kampanye ini juga bermanfaat untuk mendorong pemulihan pariwisata dan pemasaran destinasi pariwisata, khususnya di 10 provinsi di Sumatera. (Tim Diskurus Network)

Baca : Kejuaraan Surfing Krui Pro 2023 Diikuti Peselancar Dari Mancanegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.