Oknum Lurah Diduga Pasang Stiker Bacaleg, Bawaslu : Tengah Ditelusuri

oleh -0 Dilihat
Oknum lurah di Kota Bandar Lampung diduga pasang foto bacaleg (foto : istimewa)
Oknum lurah di Kota Bandar Lampung diduga pasang foto bacaleg (foto : istimewa)

Bandar Lampung – Beradar di media sosial oknum lurah di Kota Bandar Lampung memasang stiker bakal calon anggota DPR RI, menanggapi hal ini Bawaslu tengah menelusuri informasi tersebut.

Koordinator Divisi Penangan Pelanggaran Pemilu Bawaslu Kota Bandar Lampung, Yahnu Wiguno menyatakan telah mendengar informasi tersebut dan telah merintahkan panwascam setempat untuk menelusurinya.

“Benar kami sudah mendapatkan informasi tersebut dan saat ini sedang menelusuri lokasi pemasangan stiker tersebut yang diduga dilakukan oleh oknum lurah di Kecamatan Kemiling,” tegasnya pada Minggu (30/4/2023).

Dia mengatakan, aparatur sipil negaran (ASN) yang baik adalah yang mampu memberi bantuan kepada masyarakat yang mebutuhkan, bahkan sebelum masyarakat itu sendiri memintanya.

Dalam keadaan seperti ini lanjutnya, hati nurani ASN adalah hati nurani dari masyarakat itu sendiri.

“Ini berarti ASN merupakan pengatur sekaligus pelayan masyarakat yang memberikan pelayanan secara profesional, jujur, adil dan merata, bekerja secara efektif, efisien dan ekonomis dalam rangka penyelenggaraan tugas negara untuk mencapai tujuan negara yang secara kontekstual juga ikut bertanggung jawab terhadap kesejahteraan dan kepuasan masyarakat sebagai pihak yang dilayani” Ungkapnya.

Dilanjutkannya, etika pemerintahan mengamanatkan agar ASN memiliki rasa kepedulian yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada publik.

“Siap mundur apabila dirinya melanggar aturan perundang-undangan dan sistem nilai demi terciptanya suasana harmonis antar pelaku dan antar kekuatan sosial politik serta kelompok kepentingan untuk mencapai sebesar-besarnya kemajuan bangsa dan negara dengan mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan kelompok atau golongan,” tegasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung Candrawansah mengungkapkan, bahwa sepatutnya ASN bisa menjaga netralitas jangan sampai memancing polemik di tengah masyarakat.

“ASN harus bersikap netral, sebagai penyelenggara pemerintahan tugasnya melayani masyarakat,” ungkapnya.

Oleh sebab itu menurutnya, meskipun belum ada penetapan calon anggota legislatif ASN harus bisa menjaga netralitas dan tidak berpihak ke satuga golongan. (Red)

Baca : Pascalebaran Pedagang Pecel Raup Untung Besar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.