BMKG Pringatkan, Mesuji Akan Alami Tingkat Paparan Sinar UV Tinggi

oleh -0 Dilihat
Cauca panas (ilustrasi)
Cauca panas (ilustrasi)

Bandar Lampung – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengatakan bahwa esok hari di Kabupaten Mesuji Lampung akan mengalami tingkat paparan sinar ultraviolet (UV) sangat tinggi.

“Perkiraan dari 28-30 April indeks sinar ultraviolet (UV) di Lampung cukup bervariasi dari tingkat sedang ke ekstrem,” ujar Kepala BMKG Lampung Kukuh Ribudiyanto, Kamis. (27/4/2023).

Ia mengatakan esok hari tepatnya pada Jumat (28/4) tingkat paparan sinar UV yang sangat tinggi akan terjadi di Kabupaten Mesuji.

“Indeks UV yang cukup ekstrem akan terjadi di Mesuji dan sekitarnya besok, sedangkan untuk bagian tengah dan timur Lampung dominan tingkat UV tinggi. Sedangkan bagian barat Lampung kondisinya sedang,” katanya.

Dia menjelaskan paparan sinar ultraviolet yang terjadi paling dominan adalah jenis paparan UVA dengan tingkat paparan 90-99 persen.

“Sedangkan untuk UVB telah ada 90 persen terserap di lapisan ozon sisanya baru masuk ke permukaan bumi, dan untuk UVC tertahan di lapisan ozon 100 persen tidak ada yang sampai ke lapisan bumi,” ucapnya.

Ia melanjutkan paparan sinar UV yang cukup tinggi tersebut terjadi karena tutupan awan yang berkurang akibat rendahnya curah hujan dan pertumbuhan awan yang semakin sedikit.

“Lampung ini masih masa transisi musim hujan ke puncak musim kemarau, jadi curah hujan rendah pertumbuhan awan berkurang jadi radiasi sinar matahari masuk ke lapisan bumi. Tinggi rendahnya paparan sinar UV ini tergantung tutupan awan yang menghalangi sehingga di puncak musim kemarau paparan UV semakin tinggi,” tambahnya.

Dia mengimbau masyarakat yang ingin melakukan aktivitas di luar ruangan agar bisa menggunakan tabir surya, baju lengan panjang, menggunakan payung ataupun topi.

“Di daerah pegunungan karena pengaruh topografinya berbeda, jadi masih sering muncul awan sehingga radiasi matahari rendah di wilayah pegunungan. Jadi masyarakat harus gunakan sunscreen, topi, payung, dan baju lengan panjang untuk mencegah paparan UV secara langsung di kulit,” ujar dia lagi.(Red)

Baca : BMKG Langit Berawan Cerah Dominasi Bandar Lampung Hari Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.