Antusiasme Masyarakat Lampung Barat Meriahkan Pesta Adat Sekura

oleh -0 Dilihat

Lampung Barat – Sudah menjadi tradisi, setelah melaksanakan ibadah puasa satu bulan penuh, masyarakat Lampung Barat menyambut Idul Fitri dengan menggelar pesta adat yang biasa dikenal dengan pesta topeng atau Sekura.

Kali ini tim liputan Diskursus Network ikut menyaksikan dan berbaur dengan masyarakat Lampung Barat yang menggelar pesta Sekura di Desa Kuta Besi Kecamatan Batu Brak.

Pesta adat ini sudah diselenggarakan sejak dua Syawal di Desa/Pekon Kenali Kecamatan Belalau. Antusiasme masyarakat begitu terasa dengan bergantian memeriahkan desa dengan beragam bentuk model topeng yang dikenakan.

Pesta Sekura kali ini dimeriahkan masyarakat Lampung Barat dengan diperkirakan sekitar 15 ribu lebih orang memadati Pekon Kuta Besi.

Ketua panitia Sekura, Syarif Setio mengatakan, sebelum hari H pihaknya sudah mempersiapkan segala kebutuhan seperti batang pohon pinang, kerangka bambu sebagai gantungan buahnya, makanan, pakaian hingga perabotan rumah tangga.

Adapun Sekura Betik menjadi daya tarik sendiri dengan penampilan apik nan rapi dengan berkeliling kampung dengan busana unik yang dikenakan. Bagi masyarakat Lampung Barat, Pesta Sekura bertujuan sebagai bentuk syukur untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Dalam tradisi unik ini juga bertujuan sebagai ajang mempererat tali persaudaraan, silaturahmi, dan melestarikan budaya dari leluhur. (Liting)

Baca : Menikmati Kopi Dengan Nuansan Tropical di Cafe Kolo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.