H-2 Lebaran Diperkirakan 1.250 Pemudik Motor Tiba di Pelabuhan Panjang

oleh -0 Dilihat
photo6314437893715767509
Pemudik yang melewati Pelabuhan Panjang

Bandar Lampung – Sebanyak 1.250 pemudik menggunakan sepeda motor diperkirakan tiba di Pelabuhan Panjang dari Pelabuhan Ciwandan untuk pertama kalinya pada dua hari menjelang (H-2) Lebaran 2023 menggunakan KM Dobonsolo.

“Sesuai informasi dari Pelni tepat pada H-3 dari Pelabuhan Ciwandan akan berangkat pemudik motor menuju Pelabuhan Panjang, yang akan tiba pada hari Kamis pagi atau saat H-2 Lebaran 2023,” ujar Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Jasa Kepelabuhan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, Novian Heldi pada Rabu (19/4/2023)

Ia mengatakan diperkirakan jumlah pemudik sepeda motor yang akan tiba untuk pertama kalinya di periode mudik 2023 sebanyak 1.250 orang, dengan menggunakan KM Dobonsolo untuk menyeberang dari Pelabuhan Ciwandan (Banten) menuju Pelabuhan Panjang (Lampung).

“Daya tampung KM Dobonsolo sekitar 1.300 orang, mungkin nanti saat penyeberangan bisa penuh. Sebab dari Ciwandan pemudik motor pasti penuh sekali,” katanya.

Dia menjelaskan nantinya kapal tersebut hanya menurunkan pemudik ke Pelabuhan Panjang dan belum mengangkut penumpang ke Ciwandan saat perjalanan kembali.

“Nanti di 20 April ada kegiatan penurunan penumpang di pagi dan sore hari. Khusus KM Dobonsolo setelah menurunkan pemudik motor akan langsung berangkat tidak menunggu mengangkut penumpang dari sini, karena dari Lampung kendaraan diarahkan ke Pelabuhan Bakauheni. Namun setelah Lebaran baru ada pengangkutan penumpang dari Pelabuhan Panjang,” tambahnya.

Menurut dia diharapkan pada arus mudik dan arus balik Lebaran 2023 di Pelabuhan Panjang dapat berjalan dengan lancar.

“Untuk hari ini di Pelabuhan Panjang masih mengangkut truk saja, belum ada untuk pemudik motor,” ucap dia lagi.

Berdasarkan data sementara yang tercatat di posko mudik Pelabuhan Panjang, laporan angkutan Lebaran 2023 sejak 15-17 April telah ada dua kapal yang melakukan bongkar muat dan sandar kendaraan berupa truk dari Pelabuhan Panjang-Ciwandan atau sebaliknya yaitu menggunakan KM Mutiara Ferindo VII dan KM Mutiara Sentosa II.

Untuk kendaraan berupa truk yang turun ke Pelabuhan Panjang total selama tiga hari terakhir sebanyak 542 unit, sedangkan yang berangkat menuju Pelabuhan Ciwandan ada 139 unit. (Red)

Baca : Jelang Lebaran, Peminat Transportasi Bus Meningkat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.