Kerap Terima Intimidasi, Hakim di Lampung Curhat ke Komisi III Minta Pengawalan

oleh -0 Dilihat

Bandarlampung- Tingginya intervensi terhadap majelis hakim di sejumlah daerah ketika memimpin sidang yang melibatkan tokoh daerah, membuat sejumlah ketua pengadilan di Lampung mengusulkan ke Komisi III DPR RI agar ada pengawalan terhadap ketua majelis hakim.

Ketua Pengadilan Negeri Menggala, Jimmy Maruli misalnya, ia mengungkapkan, dalam sidang yang kerap melibatkan tokoh daerah, ketua majelis hakim terkadang kerap mendapatkan intervensi hingga membahayakan keluarga.

Dalam agenda kunjungan kerja reses Komisi III DPR RI dengan tiga lingkungan peradilan se-wilayah Provinsi Lampung, Jimmy Maruli menyatakan bahwa PN Menggala beberapa waktu lalu menangani kasus kekerasan seksual yang melibatkan tokoh setempat dan ketua majelis hakim saat itu mengalami intimidasi.

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Adang Daradjatun menyatakan, pengawalan terhadap ketua majelis hakim sangat penting dan perlu dilakukan sebab majelis hakim merupakan pemutus terdakwa.

Hal senada disampaikan, Anggota Komisi III DPR RI dari Dapil Lampung Taufik Basari, dirinya mengungkapkan pengawalan terhadap majelis hakim diperlukan, belajar dari sejumlah kasus yang terjadi belakangan ini. Menurut Taufik ketua majelis hakim yang akan memutus perkara, perlu dilakukan pengawalan untuk menjaga keselamatan dan keamanannya. (Roy Baskara)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.