Jelang Mudik Lebaran, Pemprov Kejar Perbaikan Jalan Alternatif

oleh -0 Dilihat
Menghadapi mudik lebaran 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan provinsi yang menjadi jalur alternatif saat mudik.
Menghadapi mudik lebaran 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan provinsi yang menjadi jalur alternatif saat mudik.

Bandar Lampung – Menghadapi mudik lebaran 2023 Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan perbaikan terhadap sejumlah ruas jalan provinsi yang menjadi jalur alternatif saat mudik.

“Di sini ada 7 jalur alternatif yang merupakan bagian dari jalan provinsi dan biasanya padat di lewati kendaraan saat arus mudik dan arus balik Lebaran,” ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung Febrizal Levi Sukmana pada Jumat (7/4/2023)

Ia mengatakan dari 7 jalur alternatif tersebut hingga saat ini masih ada beberapa ruas jalan dalam tahap perbaikan.

“Ada beberapa ruas jalan di jalur alternatif yang masih dalam perbaikan. Seperti ruas Pringsewu-Kalirejo-Wates tepatnya di Ruas Jalan Kalirejo-Bangunrejo sepanjang 14,086 kilometer, kondisi kemantapannya baru 40,3 persen. Dan ini memang masih terkendala karena ada perbaikan,” katanya.

Selanjutnya ruas jalan lain yang kondisinya di bawah 80 persen dan dalam perbaikan yaitu ruas jalan Kota Gajah-Simpang Randu kondisi kemantapan jalan 57,89 persen, Ruas Jalan Bandar Abung- Bandar Sakti sepanjang 7,957 kilometer kondisi 79,89 persen.

Lalu Ruas Bandar Sakti-Sipang Daya Murni dengan panjang 10,099 kilometer kemantapan jalan 77,23 persen, Ruas Simpang Daya Murni-Gunung Batin dengan panjang 12,389 kilometer kemantapan jalan 77,39 persen.

“Untuk tujuh jalur alternatif ini meliputi jalur Gayam-Ketapang, jalur Simpang Korpri-Kibang-Metro, Ruas Metro-Kota Gajah-Simpang Randu. Lalu jalur Branti-Gedong Tataan, jalur Lempasing-Padang Cermin-Kedondong-Gedong Tataan, jalur Pringsewu-Kalirejo-Wates, dan terakhir jalur Kotabumi-Simpang Daya Murni-Gunung Batin,” ucapnya.

Sedangkan untuk ruas jalan yang kondisinya telah lebih dari 80 persen yaitu Ruas Gayam-Ketapang dengan kondisi mantap 87,60 persen, Ruas Simpang Korpri-Sukadamai 98,04 persen, Ruas Sukadamai-Kibang 100 persen mantap, Ruas Budi Utomo 96,62 persen dengan kondisi mantap.

“Dan ada juga Ruas Lempasing-Padang Cermin kondisi sudah 100 persen, begitu pula dengan Ruas Padang Cermin-Kedondong. Sedangkan untuk Ruas Jalan Gedong Tataaan-Kedondong masih 97,6 persen,” jelasnya.

Ia melanjutkan untuk Ruas Metro-Kota Gajah mantap 98,59 persen, Ruas Branti-Gedong Tataan 82,59 persen, dan Ruas Kotabumi-Bandar Abung kondisinya 89,86 persen jalan mantap.

“Perbaikan yang ada di ruas jalan jalur-jalur alternatif itu akan diusahakan untuk segera diselesaikan sebelum mudik Lebaran, agar menjaga kenyamanan pengguna jalan,” kata dia. (red)

Baca : Cegah Kenaikan Harga, Pemkot Metro Gelar Pasar Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.