Jutaan Orang Dari Lampung Akan Melakukan Perjalanan Mudik

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi- Warga Bandar Lampung yang tengah melakukan perjalanan pada mudik Lebaran 2022 melewati Pelabuhan Bakauheni.
Ilustrasi- Warga Bandar Lampung yang tengah melakukan perjalanan pada mudik Lebaran 2022 melewati Pelabuhan Bakauheni.

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi Lampung telah mempersiapkan priode mudik lebaran di tahun 2023, dinas perhubungan provinsi pun telah memperkirakan warga dari Lampung yang akan melakukan perjalanan mudik berjumlah 3,8 juta orang.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung Bambang Sumbogo menyatakan, periode libur Lebaran 2023 diperkirakan ada 3,8 juta orang asal Lampung melakukan perjalanan mudik.

“Secara nasional potensi pergerakan ada 45,8 persen atau ada sebanyak 123,8 juta orang melakukan perjalanan saat periode mudik Lebaran 2023,” ujarnya pada Selasa (4/4/2023).

Ia mengatakan, berdasarkan daerah asal perjalanan diperkirakan akan ada 3.837.800 orang yang berasal dari Lampung melakukan perjalanan mudik, salah satunya ke Pulau Jawa pada periode tersebut.

“Prediksi angkutan Lebaran ini memang paling banyak akan menggunakan moda transportasi adalah mobil pribadi yaitu sebanyak 22,07 persen. Sehingga dengan kondisi Lampung sebagai perlintasan, harus siap mengantisipasi pergerakan orang yang cukup besar ini,” katanya.

Dia menjelaskan angkutan penyeberangan laut menjadi salah satu titik krusial bagi pelayanan mudik Lebaran di Provinsi Lampung. Sebab banyak pemudik yang memilih menggunakan kapal laut untuk menyeberang dari Pulau Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya.

“Untuk angkutan penyeberangan ini prediksi pada 2023 akan ada 1.158.499 penumpang atau naik 30,1 persen dari tahun sebelumnya dan kapasitas yang tersedia ada 2.112.000 orang jadi masih mencukupi,” ucapnya.

Ia melanjutkan untuk jumlah kendaraan diprediksi berjumlah 249.942 kendaraan dari kapasitas tersedia 400.686 kendaraan.

“Kesiapan angkutan penyeberangan ini ada 65 unit kapal yang siap yakni ada 56 kapal reguler dan 6 kapal eksekutif, ditambah dengan rute Pelabuhan Ciwandan-Pelabuhan Panjang serta Pelabuhan Ciwandan-Bakauheni. Diharapkan ini bisa berjalan lancar,” ujar dia. (Red)

Baca : Hadapi Arus Mudik Lebaran 2023, Polda Lampung Siapkan 83 Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.