Alasan Keamanan, Sejumlah Negara Larang Penggunaan Tiktok

oleh -0 Dilihat
Alasan Keamanan, Sejumlah Negara Larang Penggunaan Tiktok
Kepopuleran tiktok ternyata dianggap bisa membawa dampak negatif terhadap keamanan negara. Beberapa negara di dunia bahkan sudah mengeluarkan larangan penggunaan Tiktok.

DiskursusNetwork– Media sosial asal China, Tiktok belakangan begitu populer. Kepopuleran tiktok ternyata dianggap bisa membawa dampak negatif terhadap keamanan negara. Beberapa negara di dunia bahkan sudah mengeluarkan larangan penggunaan Tiktok.

Beberapa bulan terakhir, anggota parlemen Amerika Serikat (AS), Uni Eropa, Denmark, dan Kanada mengeluarkan perintah larangan penggunaan Tiktok. Tiktok dan induk perusahaannya Bytedance telah lama dianggap memiliki hubungan erat dengan pemerintah China. Perusahaan tersebut dituding membagikan data pengguna pada pemerintah dan dijalankan secara independen.

Melansir Euro News, Senin (27/3/2023), para ahli khawatir jika informasi sensitif bisa terungkap saat aplikasi didownload. Khususnya jika Tiktok berada dalam perangkat pemerintah.

Prancis, Belanda, dan Norwegia menambah panjang daftar negara yang melarang penggunaan Tiktok pada perangkat pemerintah.

Larangan pada kementerian dalam negeri Belanda sebenarnya tidak merujuk pada Tiktok. Namun kementerian tersebut tidak menganjurkan penggunaan aplikasi dari negara dengan program siber agresif dan menargetkan atau kepentingan negara tersebut pada ponsel yang didistribusikan pemerintah.

Euro News mencatat saran dari kementerian tersebut mengikuti penilaian dari badan intelijen nasional AIVD. Lembaga itu memperingatkan aplikasi dari negara seperti China, Rusia, Korea Utara dan Iran membawa risiko spionase.

Larangan serupa juga diungkapkan oleh kementerian kehakiman Norwegia. Pegawai pemerintah diminta tidak menggunakan Tiktok pada perangkat kerja mereka.

Sementara itu, di Prancis, tak hanya Tiktok yang dilarang. Namun. aplikasi yang masuk dalam kategori ‘rekreasi’ seperti Netflix dan Instagram juga dilarang ada pada ponsel kerja para pegawai pemerintah.

Tiktok sendiri juga telah membantah tudingan pengumpulan data pengguna. Soal larangan di beberapa negara, pihak aplikasi menyebutnya sebagai ‘salah informasi dasar’ dan keputusan dibuat ‘tanpa pertimbangan atau bukti’. (Red, DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.