Ini Yang Perlu Anda Ketahui Saat Akan Membeli Tiket Kapal Feri

oleh -0 Dilihat
PT ASDP Indonesia Ferry (ilustrasi)
PT ASDP Indonesia Ferry (ilustrasi)

Bandarlampung- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebutkan pemesanan tiket kapal feri via aplikasi daring Ferizy pada mudik Lebaran 2022 masih di bawah 5 persen, namun pada Lebaran 2023 diperkirakan mengalami peningkatan hingga mencapai 10 persen.

Sekitar 123 juta pemudik diprediksi melakukan perjalanan pada tahun ini, termasuk pengguna jasa penyeberangan. Pada layanan Angkutan Lebaran 2023 ASDP siap melayani pemudik khususnya di delapan lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi 9 kantor cabang.

Beberapa Yang Perlu Diketahui Masyarakat Sebelum Mudik Dengan Kapal Penyeberangan

Pertama, tidak ada lagi penjualan tiket di pelabuhan dan pengguna jasa harus melakukan pembelian tiket via aplikasi Ferizy untuk di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk.

Kedua, tiket sudah bisa mulai dipesan sejak H-60 keberangkatan. Kemudian ketiga, calon penumpang wajib bertiket H-1 dari tanggal keberangkatan.

Sejak ASDP menerapkan pembelian tiket via Ferizy, hal tersebut membuat pergerakan kendaraan di dalam pelabuhan lebih merata dan waktu tunggu lebih pendek. Sebelum pemberlakuan Ferizy, arus kedatangan pengguna jasa saat _golden time_ atau beban puncak telah menyebabkan antrean kendaraan baik di jalan masuk maupun dalam pelabuhan.

Namun, lanjutnya, setelah dilakukan pengaturan Ferizy, arus kedatangan pengguna jasa terdistribusi secara merata seusai jadwal yang dipilih oleh pengguna jasa serta sesuai dengan kapasitas daya tampung pelabuhan dan kapasitas angkut kapal.

ASDP menerapkan pembelian tiket daring  yang dapat dilakukan H-60 sebelum keberangkatan melalui web reservation di www.ferizy.com, aplikasi di Android dan IOS, dan gerai retail seperti Alfamart, Indomaret, Agen BRILink, dan lainnya.

Sementara, pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, e-wallet, gerai ritel, internet banking, dan lainnya. Pengguna jasa, lanjutnya, yang telah membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan _check in_ 2 jam sebelumnya.

Tiket akan kedaluwarsa jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.