Ciptakan SDM Berkualitas, Wagub Minta Daerah Tingkatkan Budaya Literasi

oleh -0 Dilihat
Wagub Lampung Chusnunia Chalim
Wagub Lampung Chusnunia Chalim

Bandar Lampung – Wakil Gubernur (Wagub) Lampung Chusnunia Chalim mengajak masyarakat yang ada di daerah untuk meningkatkan budaya literasi sejak dini untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) berkualitas.

“Untuk memaksimalkan kualitas sumber daya manusia, salah satu caranya yaitu dengan meningkatkan literasi di masyarakat,” ungkapnya pada Selasa (21/3/2023)

Ia menjelaskan indeks literasi yang baik memiliki kaitan erat dengan kualitas sumber daya manusia yang baik pula.

“Yang terpenting adalah budaya literasi di tingkatkan, mari lakukan ini sejak dini. Maka nanti akan berefek terhadap informasi, serta pengetahuan yang diserap masyarakat, sehingga sumber daya manusia ini berkualitas,” katanya.

Ia mengatakan salah satu solusi untuk meningkatkan budaya literasi di daerahnya melalui Festival Literasi serta kegiatan perpustakaan keliling.

“Festival Literasi jadi bagian solusi agar meningkatkan gairah masyarakat. Selain itu dapat dilakukan juga melalui Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) di dari kota sampai desa,” ucapnya.

Menurut dia, peran bunda literasi dan tim literasi hingga desa juga mendongkrak budaya literasi di tengah masyarakat, dan untuk meningkatkan indeks literasi daerah.

“Mari seluruh masyarakat budayakan membaca, memahami bacaan, sehingga budaya literasi terbentuk. Jadi semua masyarakat bisa menghadapi tantangan di era 5.0. Dan harapannya semua generasi muda bisa mendapatkan fasilitas pendukung literasi, sehingga dapat membangun Lampung menjadi lebih maju,” tambahnya.

Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) Provinsi Lampung pada 2022 yaitu 59,99 masih di bawah IPLM rata-rata yaitu sebesar 64,48. (Red)

Baca : Buron Enam Bulan, Pencuri 319 Gulung Kabel Ditangkap Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.