Jelang Ramadhan, Pemprov Jamin Ketersediaan Sapi Potong

oleh -0 Dilihat
SAPI PMK
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan ketersediaan sapi potong di daerahnya cukup menjelang bulan Ramdhan dan Idul Fitri 2023/1444 Hijriah.

Bandar Lampung – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan ketersediaan sapi potong di daerahnya cukup menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri 2023/1444 Hijriah.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Anwar Fuadi menyatakan,  untuk menghadapi HBKN ketersediaan sumber daging telah tersedia di peternakan rakyat serta di perusahaan penggemukan sapi di Lampung.

“Ketersediaan ternak berupa sapi potong ada sebanyak 10.044 ekor yang tersedia di perusahaan penggemukan sapi,” ungkapnya pada Sabtu (18/3/2023).

Dia menjelaskan, di Lampung ada sebanyak 10 perusahaan penggemukan sapi, dan berdasarkan data sementara ketersediaan sapi ada 10.044 ekor yang disiapkan oleh penggemukan sapi.

Dia melanjutkan, untuk sapi siap jual ada sebanyak 12.768 ekor yang siap untuk pemenuhan konsumsi masyarakat juga.

“Tentu kebutuhan konsumsi kita hanya 7.000-8.000 ekor per bulan dengan adanya stok ini cukup memenuhi permintaan masyarakat,” tambahnya.

Menurut dia, selain untuk memenuhi kebutuhan konsumsi lokal, Lampung sebagai lumbung ternak juga diwajibkan untuk memenuhi permintaan dari daerah lain yang tidak memiliki stok sapi potong.

“Jadi sebagai lumbung ternak 40-50 persen dari stok didistribusikan ke luar Lampung. Menjelang Idul Fitri dan Ramadhan ini karena stok mencukupi yang perlu dijaga adalah kenaikan harga jangan sampai terjadi sehingga menjaga daya beli masyarakat juga,” kata dia.

Ia melanjutkan untuk ketersediaan unggas baik telur dan daging unggas semua stabil serta tersedia.

“Harapannya dengan adanya Ramadhan ini konsumsi meningkat, serapan baik jadi peternak dapat hasil yang lebih baik,” ujar dia lagi. (Red)

Baca : TikTok Dinilai Jadi Ancaman AS, China Minta Dibuktikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.