Siaga Kebakaran, Damkartan Bentuk Relawan di Setiap Kelurahan

oleh -0 Dilihat
Siaga Kebakaran, Damkartan Bentuk Relawan di Setiap Kelurahan
(Damkartan) Bandar Lampung akan membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), yang akan ditempatkan disetiap kelurahan.

BandarLampung- Sebagai langkah cepat mencegah kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Bandar Lampung akan membentuk Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar), yang akan ditempatkan disetiap kelurahan.

“Damkartan Bandar Lampung masih melakukan percontohan dari wilayah yang sudah membentuk terlebih dahulu,” ungkap Kepala Dinas Damkartan, Antoni Irawan pada Rabu (8/2/2023).

Menurut Antoni, rencananya kegiatan ini akan dilakukan pada tahun ini. Damkartan tengah menyusun perencanaannya agar Redkar bisa bekerja sesuai dengan yang diinginkan.

Dijelaskannya, Redkar akan bertugas melakukan antisipasi dan penanganan dini jika terjadi kebakaran, serta turut bertugas untuk membantu jalan mobil pemadam kebakaran.

“Nanti akan ditempatkan dikelurahan agar dapat antisipasi dini kalau ada kebakaran,” jelas Antoni.

Antoni mengatakan setiap relawan nantikan akan diberi pelatihan khusus sebelum bertugas, sehingga para relawan sudah terlatih dalam menghadapi peristiwa kebakaran.

Damkar lanjutnya juga akan menyiapkan perlengkapan alat pemadam kebakaran berupa pakaian serta alat pemadam api ringan, sehingga para relawan tetap aman dalam menjalankan tugas.

“Di Lampung belum ada daerah yang memiliki Redkar, sehingga ini juga diharapkan bisa menjadi percontohan,” ungkapnya.

Antoni Irawan juga menambahkan, selain bertugas dalam menangani kebakaran, para relawan juga turut membantu Damkartan mengedukasi masyarakat ihwal pencegahan dan penanganan kebakaran.

“Redkar diharapkan bisa mengurangi dan mencegah terjadinya kebakaran khususnya di wilayah pemukiman,” ujarnya. (Roy Baskara)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.