Warga Selamatkan Penyu Yang Terdampar di Pekon Sukarame

oleh -0 Dilihat
Warga Selamatkan Penyu Yang Terdampar di Pekon Sukarame
Seekor penyu hijau berukuran besar berhasil diselamatkan warga Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, yang terdampar di Pekon Sukarame, (10/2/2023). (Ant)

Pesisirbarat- Seekor penyu hijau berukuran besar berhasil diselamatkan warga Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, yang terdampar di Pekon Sukarame.

“Iya, ada penyelamatan penyu terdampar di Pekon Sukarame. Penyu tersebut, awalnya ditemukan nelayan terdampar di pinggir pantai,” kata Camat Pesisir Selatan Mirton Setiawan di Krui.

Ia mengatakan setelah penemuan penyu hijau tersebut, pihaknya mencoba untuk mengembalikan penyu itu ke laut.

“Tadi kita coba untuk hanyutkan kembali penyu tersebut ke laut, namun tidak bisa, karena terdapat luka bekas tusukan sebesar jari kelingking di kepala penyu tersebut,” kata dia.

Kemudian, pihaknya menghubungi dinas terkait untuk melakukan penanganan supaya penyu tersebut bisa selamat.

“Tadi kita hubungi Dinas Kelautan dan Perikanan Pesisir Barat, kemudian petugas datang, lalu penyu tersebut dibawa petugas penangkaran penyu di Ngambur,” ujarnya

Dia berharap semua pihak memberikan perhatian terhadap pelestarian lingkungan, khususnya perlindungan terhadap hewan biota laut.

“Kita berharap masyarakat serta petugas untuk sama-sama menjaga kelestarian hewan laut, bukan hanya penyu saja, melainkan habitat lainnya juga, kemungkinan akan punah bila tidak kita jaga dan lestarikan,” ucapnya.

Penyu hijau (Chelonia mydas) adalah penyu laut besar yang termasuk dalam keluarga Cheloniidae. Hewan ini adalah satu-satunya spesies dalam golongan Chelonia. Mereka hidup di semua laut tropis dan subtropis, terutama di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. (Red DN/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.