Jaga Kelestarian Tanaman Buah, Pemprov Tanam Ratusan Bibit Pohon

oleh -0 Dilihat
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi saat melakukan penanaman 1.000 pohon. (Dok.Humas)
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi saat melakukan penanaman 1.000 pohon. (Dok.Humas)

Bandar Lampung – Untuk melindungi dan melestarikan buah lokal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tengah menggencarkan budidaya serta penanaman kembali tanaman buah yang dilakukan secara serentahk.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi megatakan penanaman tanaman buah ini dilakukan untuk memberikan edukasi serta sebagai bentuk pelestarian di wilayah ini.

“Kegiatan penanaman 1.000 pohon ini dilakukan serentak secara nasional dan bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Hijau,” ujarnya melalui rilis yang diterima Kamis (2/2/2023).

Dia mengatakan, ini akan dilakukan secara terus menerus sehingga Lampung memiliki beragam tanaman buah, sejumlah bibit pun sudah disebar ke beberapa wilayah untuk di tanam.

Ia mengatakan untuk di Lampung kegiatan penanaman pohon dilaksanakan dengan melakukan penanaman bibit buah-buahan sebanyak 125 batang.

“Ini merupakan langkah awal di tahun ini, untuk terus menjaga kelestarian alam dan juga mempertahankan produksi tanaman buah,” ucapnya.

Penanaman bibit buah-buahan awal bulan ini sebanyak 125 batang tersebut terdiri dari bibit alpukat varietas siger mas dan hijau panjang sebanyak 25 pohon, durian varietas otong sebanyak 24 batang, jeruk varietas trigas sebanyak 25 batang dan kelengkeng varietas keteki dan pingpong sebanyak 51 batang.

Dia melanjutkan dengan adanya penanaman pohon tersebut diharapkan instansi pemerintah dapat berperan dalam mengembangkan dan melestarikan tanaman buah dan beragam tanaman lainnya.

“Selain mengembangkan, melestarikan tanaman buah, diharapkan dapat memberikan bantuan berupa memberi pelayanan serta edukasi kepada masyarakat, guna meningkatkan kesadaran mereka untuk menanam pohon terutama tanaman buah,” ucap dia.

Menurut dia diharapkan penanaman bibit buah tersebut dapat membantu melestarikan lingkungan terutama yang ada di sekitar lokasi Kebun PKK Agropark Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang.

“Diharapkan ini juga dapat membantu Gapoktan ataupun Poktan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandarlampung, dan dapat meluas ke daerah lain,” ujar dia.

Tanggapan serupa juga dikatakan oleh Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Lampung Jekvy Hendra.

“Lampung termasuk di dalam empat provinsi terluas dan terbesar dalam penanaman tanaman pangan, dan produktivitas pertanian. Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman tanaman buah dapat meningkatkan produktivitas,” kata dia.

Dia mengatakan dengan adanya edukasi melakukan tanam pohon kepada masyarakat juga dapat membantu kembali menjaga kelestarian lingkungan. (Red)

Baca : Di Tahun 2023 Lampung Dapatkan Kuota Elpiji Subsidi Sebesar 196.831 MT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.