Tradisi Perayaan Imlek di Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu

oleh -0 Dilihat
Tradisi Perayaan Imlek di Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu
Setiap tahunnya selalu ada tradisi Imlek di Indonesia yang dilakukan turun termurun untuk merayakan tahun baru Imlek.

Bandarlampung- Merayakan tahun baru Imlek dianggap sebagai momen yang tepat untuk bersyukur atas keberhasilan yang telah dicapai selama tahun lalu.

Hari Imlek juga dimanfaatkan untuk memohon keberuntungan di tahun yang akan datang. Tidak heran bila setiap tahunnya selalu ada tradisi imlek di Indonesia yang dilakukan turun termurun.

Berikut Sejumlah Tradisi Imlek di Indonesia

Berbicara tentang tradisi imlek, ada beberapa hal yang biasa dilakukan sebagai sebuah tradisi yang dilaksanakan turun temurun.

1. Berbagi angpao
Ini dia salah satu tradisi perayaan Tahun Baru Imlek yang paling ditunggu anak-anak dan para remaja. Berbagi angpao ini khusus diberikan orang yang lebih tua dan sudah menikah kepada keluarga maupun kerabat yang masih lajang.

2. Bersih-bersih rumah sebelum perayaan
Menjelang perayaan Imlek, biasanya bersih-bersih rumah menjadi tradisi yang tidak boleh terlupakan. Kegiatan ini dilakukan untuk membuang segala keburukan yang menghalangi jalan masuknya keberuntungan ke rumah.

3. Dekorasi warna merah
Penggunaan warna merah sudah menjadi salah satu ciri khas dalam perayaan imlek, mulai dari dekorasi rumah hingga warna pakaian.Pasalnya, warna ini melambangkan kesejahteraan, keberuntungan, dan juga kekuatan.

4. Hidangan khas Imlek
Setiap wilayah memiliki makanan khas Imlek yang berbeda-beda. Umumnya, hidangan yang disajikan terdiri dari 12 jenis makanan, yang merepresentasikan 12 macam shio kepercayaan masyarakat Tionghoa.

5. Petasan dan kembang api
Rasanya semarak perayaan imlek akan kurang lengkap tanpa adanya pesta kembang api dan petasan, yang berbentuk gulungan kertas merah.

6. Atraksi Barongsai
Atraksi barongsai sendiri masih terus dilestarikan oleh masyarakat Tionghoa saat perayaan Imlek berlangsung. Biasanya, akan ada dua orang yang bermain akrobat untuk memerankan barongsai.

7. Doa turun hujan
Tahun baru imlek juga identik dengan harapan turun hujan sebagai pertanda harapan pembawa rezeki dan keberuntungan ke dalam rumah.

8. Dilarang membalik ikan
Tahukah kamu kalau saat imlek, kita tidak boleh membalikan ikan dan menyisakan bagian belakangnya untuk makan keesokan hari.

9. Mengunjungi keluarga
Layaknya hari perayaan pada umumnya, momen perayaan Imlek sendiri juga identik dengan berkumpul dan mengunjungi keluarga serta kerabat dekat.

10. Sembahyang
Setelah acara kumpul bersama, biasanya banyak orang akan melanjutkannya dengan tradisi sembahyang ke klenteng atau membuat altar di rumah. Prosesi ini bertujuan untuk mendoakan para leluhur yang telah meninggal.

Nah demikian tadi sejumlah tradisi Imlek yang masih dilakukan hingga saat ini. Imlek 2023 tahun ini adalah tahun kelinci air. Tahun kelinci air ini dimulai pada 22 Januari 2023 (Tahun Baru Imlek) hingga 9 Februari 2024 (Malam Tahun Baru Imlek). (Red, DN)

Baca: Susana Vihara Amurwa Bhumi Graha Sambut Hari Raya Imlek 2574 Kongzili

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.