Kelezatan Kuliner Iwan Galau Terdengar Hingga Pulau Jawa

oleh -0 Dilihat
Bakso ikan khas Kabupaten Tanggamus, yang harus dicoba jika berkunjung ke daerah yang keindahan lautnya terdengar hingga mancanegara.
Bakso ikan khas Kabupaten Tanggamus, yang harus dicoba jika berkunjung ke daerah yang keindahan lautnya terdengar hingga mancanegara. (17/1/2023)

Diskursus Network – Kuliner di sejumlah wilayah di Indonesia  memiliki ciri khasnya masing-masing, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung khususnya mempunyai banyak macam makanan dengan berbahan dasar ikan.

Salah satunya bakso ikan, warga Kota Agung yang menjadi ibukota Kabupaten Tanggamus biasanya menyebutnya iwan. Ada tempat yang menjadi favorit warga dan wisatawan jika berkunjung ke daerah yang mempunyai wisata laut sangat indah.

Tempat itu biasa disebut Iwan Galau yang menjual berbagai makanan olahan berbahan dasar ikan, Hayati (55) pemilik tempat kuliner mengungkapkan sudah puluhan tahun menggeluti usaha ini.

“Usaha ini sudah cukup lama, nama iwan galau diambil dari tetanggnya yang kerjanya hanya tidur akibat galau lantaran sang ibu tidak memberi uang untuk beli iwan. Karena hal unik itu, nama makanan itu identik dengan nama orang,” ungkapnya pada Selasa (17/1/2023).

Iwan di sajikan dalam dua jenis ada yang goreng dan rebus, untuk iwan goreng dibentuk sama seperti bakso namun setelahnya di goreng dan di sajikan dengan kuah cuka merah. Sedangkan yang rebus di sajikan dengan kuah seperti layaknya bakso, namun tidak menggunakan mie.

Hayati menjelaskan untuk bahan-bahannya dari tepung sagu dan terigu, bumbu, bawang putih, lada dan Ikan laut serta bahan-bahan lainnya.

Adonan tersebut di buat seperti layaknya bakso, adapun isinya seperti telur, hati ampela ayam, tahun isi dan Iwan biasa. Harganya cukup murah, mulai dari Rp500 sampai dengan Rp3.000.

“Rasanya gurih, manis dan pedas, karena ikannya langsung diambil dari laut. Setiap hari menghabiskan bahan 20 kilogram, jika seperti hari lebaran atau hari besar bisa lebih dari 20 kilogram ikan,” ungkapnya.

Hayati membuka usahanya setiap hari dan menghasilkan omzet Rp2 juta perharinya.

Salah satu wisatwan asal Bandar Lampung, Hendy mengaku selalu mampir ke tempat ini untuk menikmati bakso iwan.

“Rasanya mantap, saya pun dikenalkan oleh tempat dan ketagihan hingga sekarang,” ucapnya. (Liting)

Baca : BMKG Imbau Waspada Gelombang Tinggi 17-18 Januri 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.