Nelayan Tidak Melaut, Pedagang Ikan Giling Mulai Kehabisan Stok

oleh -0 Dilihat
ikan giling 20170616 161856 628dcb05bb4486311573dff2
Nelayan di perairan teluk Lampung tidak melaut akibat cuaca buruk, akibatnya jumlah ikan di sejumlah pasar pelelangan ikan laut di Kota Tapis Berseri pada Rabu (11/1/2023) sangat sedikit. (ist)

Diskursus Network – Dalam beberapa hari terakhir cuaca di perairan Kota Bandar Lampung sangat ekstrem, gelombang laut pun masih tinggi sehingga membuat para nelayan enggan melaut.

Akibat hal ini, jumlah ikan di sejumlah pasar pelelangan ikan laut di Kota Tapis Berseri pada Rabu (11/1/2023) sangat sedikit. Kondisi ini pun, dikeluhkan oleh sejumlah pedagang ikan giling dan pengusaha makanan yang membutuhkan ikan laut yang telah digiling sebagai bahan baku makanan.

Rohanan pedagang ikan giling di Pasar Gudang Lelang mengungkapkan, sudah beberapa hari ini pasokan ikan yang datang tidak sebanyak beberapa bula lalu, hal ini terjadi sejak gelombang tinggi mulai melanda perairan teluk Lampung.

“Pasokan ikan dari nelayan sangat sedikit, sehingga kami tidak bisa menjual banyak sedangkan permintaan sedang tinggi,” ungkapnya.

Diakuinya, ikan giling yang dijualnya biasanya digunakan untuk bahan baku pembuatan makanan seperti pempek, bakos ikan, hingga nuget.

Saat ini stok ikan giling yang dimiliki Rohanan sudah mulai menipis, padahal permintaan sedang tinggi khususnya ikan kiter yang kerap digunakan untuk bahan baku.

“Konsumen menyukai ikan itu karena teksturnya yang mudah di olah, untuk harganya saat ini Rp35 ribu per kilogram sebelumnya hanya Rp30 ribu per kilogram,” ungkapnya.

Sementara itu, Hikmah pedagang makanan yang berbahan baku ikan giling mengungkapkan saat ini ada beberapa jenis ikan unggulan yang kerap menjadi bahan baku dagangannya sulit didapat. Salah satunya, ikan kiter yang belakangan ini stok yang didapat sangat sedikit.

“Jika ikan kiter tidak ada dirinya memakai ikan laut lainnya seperti tenggiri dan ikan jolot untuk bahan olahan bakso ikan, pempek dan makanan lainnya yang berbahan ikan laut,” ungkapnya.

Dirinya harus memutar otak, jika stok ikan kiter menipis. Untuk saat ini diakuinya, masih mempunyai simpanan ikan kiter hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dagangannya. (Liting)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.