Vietnam Taklukan Indonesia 2-0, Setelah Penantian 26 Tahun

oleh -0 Dilihat
1000050877
Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo (kiri) dan penyerang Nguyen Tien Linh memberikan pernyataan seusai laga leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023).

Diskursus Network – Untuk pertama kalinya selama 26 tahun Vietnam berhasil menundukan Indonesia dalam ajang Piala AFF, dalam le ke dua semifinal Piala AFF 2022 pada Senin (9/1/2023) Indonesia takluk oleh Vietnam dengan skor 2-0.

“Saya bangga melihat sekuadnya berhasil menundukkan Indonesia di Piala AFF untuk pertama kalinya sejak 26 tahun,” ungkap  Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo dalam konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Kemenangan terakhir timnas Vietnam atas Indonesia di Piala AFF, sebelum edisi 2022, terjadi di Piala AFF 1996. Ketika itu, Vietnam menaklukkan Indonesia dengan skor 3-2.

“Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk memenangkan laga agar generasi baru Vietnam tidak lagi terbebani dengan hal itu,” ujar Park

Bukan cuma memecahkan rekor, keunggulan Vietnam dua gol tanpa balas di leg kedua semifinal Piala AFF 2022 juga membuat mereka melaju ke final turnamen.

Bagi Park Hang-seo, itu menjadi final keduanya di Piala AFF sejak menangani timnas Vietnam pada tahun 2017. Dia pun berpotensi kembali membawa Vietnam juara seperti yang dilakukannya tahun 2018.

Terkait hal tersebut, Park mengapresiasi kinerja anak-anak asuhnya yang selalu berupaya keras saat berlaga di lapangan.

“Performa pemain bagus dan mereka menunjukkan yang terbaik untuk membawa tim ke final,” tutur pria berusia 64 tahun itu.

Penyerang timnas Vietnam Nguyen Tien Linh juga mengapresiasi penampilan semua rekannya di skuad berjuluk “The Golden Warriors”.

Nguyen Tien Linh menegaskan, dua gol kemenangan yang dibuatnya ke gawang Indonesia tidak lepas dari hasil kontribusi teman setimnya.

“Performa saya memang sedang bagus dan saya percaya diri karena itu. Namun, yang penting adalah bisa membantu tim untuk kembali menginjak final Piala AFF. Saya berharap kami kembali menjadi yang terbaik di turnamen ini,” kata pemain yang untuk sementara memimpin daftar pencetak tersubur Piala AFF 2022, dengan lima gol, bersama penyerang Thailand Teerasil Dangda.

Tim nasional Vientam melaju ke semifinal Piala AFF 2022 usai mengandaskan perlawanan Indonesia dengan skor 2-0, di mana semua gol diborong penyerang Nguyen Tien Linh, pada laga leg kedua semifinal di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1).

Itu menjadi final keempat Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF setelah tahun 1998, 2008 dan 2018. Dari tiga final itu, Vietnam dua kali keluar sebagai kampiun yakni tahun 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi laga final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar pada Selasa (10/1) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1.

Adapun bagi timnas Indonesia, kekalahan dari Vietnam membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022. (Ant/DN)

Baca : Di Leg Kedua Kontra Vietnam, Jokowi Yakin Indonesia Raih Hasil Bagus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.