Kuota Haji Ditambah, Calon Jamaah Haji Lampung Diminta Mempersiapkan Diri

oleh -0 Dilihat
WhatsApp Image 2023 01 10 at 12.55.24
Calon jemaah haji Lampung keberangkatan tahun 2022 jumlah yang diberangkatkan pun hanya setengah, kabar baik pun datang bahwa Pemerintah Indonesia mendapat kuota memberangkatkan 221 ribu orang tanpa batasan usia untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada tahun 2023 (10/1/2023)

Diskursus Network – Pemerintah Indonesia mendapat kuota memberangkatkan 221 ribu orang tanpa batasan usia untuk menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah pada tahun 2023, kebijakan ini pun disambut baik oleh masyarakat.

Dengan keluarnya kebijakan baru ini Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Lampung melalui Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. M. Ansori, M.Kom.I, mengungkapkan menyambut baik kebijakan ini.

“Artinya ibadah haji kita sudah kembali normal, berbeda dengan tahun 2020 yang dimana Kemenag Lampung hanya memberangkatkan separo dan itu pun ada batasan usia,” ungkapnya saat dihubungi pada Selasa (10/1/2023).

Dia mengatakan, untuk calon jemaah haji Provinsi Lampung tahun 2020 harus mempersiapkan diri dan yang keberangkatannya tertunda karena faktor usia segera bersiap.

Selain itu, calon jemaah haji juga harus rajin membaca informasi terkini dari kanwil agama setempat, sehingga tidak tertinggal informasi.

“Lampung saat ini belum bisa dipastikan apakah akan ada penambahan kuota atau tidak, tapi Kanwil Kemenag Lampung akan lebih bersiap dari tahun kemarin,” ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F Al Rabiah menandatangani kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada Ahad.

“Alhamdulillah, misi haji 2023 dimulai. Saya hari ini menandatangani kesepakatan haji dengan Menteri Haji Saudi. Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000,” kata Yaqut sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian di Jakarta, Ahad.

Kuota itu terdiri atas 203.320 jamaah haji reguler dan 17.680 jamaah haji khusus. Adapun untuk petugas, tahun ini mendapat 4.200 kuota.

Penandatanganan kesepakatan mengenai kuota haji Indonesia tahun 2023 antara lain dihadiri oleh Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Direktur Jenderal Penyenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief, serta Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Fadlul Imansyah.

Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Staf Khusus Menteri Agama Wibowo Prasetyo dan Ishfah Abidal Aziz, serta Konsul Haji Republik Indonesia di Jeddah Nasrullah Jasam juga menghadiri acara tersebut.

Menteri Agama mengatakan, dalam pertemuan dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi disepakati bahwa tidak adanya batasan usia bagi jamaah haji yang diberangkatkan tahun 2023.

Batasan usia jamaah haji di bawah 65 tahun yang diterapkan oleh Pemerintah Arab Saudi dalam pelaksanaan haji tahun 2022 guna meminimalkan penularan COVID-19 tidak diberlakukan lagi.

Kesepakatan Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi juga mencakup pengaturan pendaratan pesawat pengangkut jamaah haji di Kota Jeddah dan Madinah serta pelaksanaan kebijakan-kebijakan baru mengenai pelayanan haji. (Roy)

Baca : Sepanjang Tahun 2022, Penyeludupan 22.297 Ekor Burung Berhasil Digagalkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.