Satu Juta Kuota Disiapkan Untuk Sertifikasi Halal Gratis Tahun 2023

oleh -0 Dilihat
WhatsApp Image 2023 01 04 at 17.24.21 e1672828037794
Program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk tahun 2023 telah kembali dibuka, satu juta kuota disiapkan untuk pelaku UMKM. (4/1/2023)

Diskursus Network – Pada awal Desmber 2022 Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung mencatat 14.558 usaha mikro kecil (UMK) berhasil disertifikasi pada program sertifikasi halal gratis (Sehati).

Provinsi Lampung menduduki pringkat ke empat dengan jumlah pengajukan sertifikasi halal terbanyak se – Indonesia ditahun 2022. Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo mengatakan, program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) untuk tahun 2023 telah kembali dibuka.

“Tahun ini program Sehati kembali dibuka, dengan kuota secara nasional mencapai 1 juta, sehingga kami harap kesempatan ini seharusnya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh UMKM di provinsi ini,” ungkapnya saat dihubungi pada Rabu (4/1/2023).

Untuk program sertifikasi halal gratis bagi UMKM di Tahun 2023 dimulai sejak Senin (2/1), sehingga Kemenag Lampung juga telah mengerahkan seluruh jajarannya hingga daerah guna mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah bisa memanfaatkannya.

Ia melanjutkan, kemenag Lampung turut memberikan pendampingan kepada UMKM yang ingin ikut program Sehat juga tetap dilakukan sebagaimana di tahun lalu. Penyuluh agama nantinya akan menjadi pendamping proses halal (PPH).

Dia berharap dengan kuota yang disediakan 1 juta secara nasional, UMKM di Lampung dapat yang mendapatkan sertifikat halal secara gratis, bahkan kalau bisa melebihi capaian pada tahun 2022.

“Lampung di 2022 bisa mencapai 20 ribu UMKM yang mengikuti dan mendapatkan sertifikasi halal gratis, di tahun ini kami berharap lebih banyak dari itu minimal sama dengan jumlah tahun lalu,” kata dia.

Ia pun meminta pemerintah daerah (Pemda) juga turut mendorong program Sehati ini dengan mempermudah pelaku UMKM mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang merupakan salah satu syarat untuk bisa mendapatkan sertifikat halal gratis.

“Saya harap kolaborasi dengan pemda dapat terus berjalan dengan baik karena program Sehati ini juga guna mendorong pasar dari produk UMKM menjadi lebih luas dan juga membantu pemerintah melegalkan usaha masyarakat sehingga kemandirian ekonomi masyarakat juga terbentuk,” kata dia.

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) membuka satu juta kuota untuk program Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) pada awal tahun 2023.

Sebelumnya proses produk halal dilakukan MUI mulai dari pendaftaran proses audit hingga fatwa halal. Sedangkan sekarang proses audit dan administrasi ada di Kemenag tetapi ketetapan halal tetap di MUI.

Satgas Halal Lampung mendapatkan tugas dari pemerintah untuk melakukan sertifikasi halal berdasarkan Undang-undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal. Dari program Sehati, antusias masyarakat ataupun pelaku usaha mikro kecil di Lampung untuk mendapatkan sertifikasi halal cukup tinggi.(Roy)

Baca : Dinikmati Hingga Mancanegara, 50 Kontainer Biji Kopi Diekspor ke Mesir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.