Meskipun PPKM Dicabut, Masyarakat Tetap Dilayani Vaksinasi Secara Gratis

oleh -0 Dilihat
Pemkot Bandar Lampung tetap memberikan vaksinasi secara gratis ke masyarakat meskipun PPKM dicabut, hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. (4/1/2023)

Diskursus Network – Presiden Joko Widodo secara resmi telah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), namun masyarakat dihimbau untuk tetap memperketat protokol kesehatan dan sejumlah daerah pun diminta untuk mengoptimalkan vaksinasi COVID-19.

Pencapaian vaksinasi pun tengah digencarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung dan setiap puskesmas masih memberikan pelayanan vaksin kepada masyarakat secara gratis.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Desti Mega Putri menegaskan, pemkot masih memberikan pelayanan vaksinasi gratis, meskipun PPKM telah dicabut oleh pemerintah pusat.

“Pemkotn tetap mengoptimalkan capaian vaksinasi COVID-19, sesuai perintah Wali Kota bahwa vaksinasi COVID-19 harus tetap dijalankan,” ungkapnya di Bandar Lampung, Rabu (4/1/2023).

Ditegaskannya, untuk saat ini seluruh puskesmas di Bandar Lampung  masih melayani masyarakat yang ingin melakukan vaksinasi COVID-19, baik untuk dosis pertama, kedua maupun booster.

“Kami tetap melakukan vaksinasi, tidak berubah meskipun PPKM sudah dicabut, bahkan, ditempat keramaian¬† juga kami sediakan petugas untuk tetap berjalan,” kata dia.

Dia menyebutkan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Bandar Lampung hingga Senin (2/1) mencapai 90,13 persen dari target sasaran Provinsi Lampung yakni 7.558.816, kemudian dosis kedua 78,25 persen dan 36,79 persen untuk dosis ketiga atau booster.

“Sekarang tinggal bagaimana kesadaran dari masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19 karena di fasilitas kesehatan dan mal sudah disiapkan vaksinnya,” kata dia.

Sementara itu Wali Kota Bandar Lampung, Eva Dwiana menegaskan, pihaknya akan terus mengejar capaian vaksinasi COVID-19 sekalipun PPKM dicabut.

“Vaksinasi COVID -19 tetap berjalan, guna mengejar target capaian baik dosis satu, dua maupun tiga,” kata dia.

Selain itu, Wali Kota juga meminta masyarakat untuk menjaga prokes meskipun PPKM sudah dicabut pemerintah pusat, terlebih informasinya varian Omicron BF.7 sudah ditemukan kasusnya di Jakarta.

“Walaupun sudah tidak PPKM lagi, tapi tetap menerapkan prokes, setidaknya masyarakat tetap bisa menjaga jarak dan menggunakan masker saat beraktivitas di keramaian. Jadi jangan sampai masuk ke Bandar Lampung, untuk itu kita harus sama-sama mencegahnya,” kata dia.(Red/Ant/DN)

Baca : Jumlah Penumpang Penjalan Kaki di Pelabuhan Bakauheni Naik 84,9 Persen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.