Pele Wafat di Usia 82 Tahun, Dunisa Sepak Bola Sampaikan Penghormatan

oleh -0 Dilihat
000 323N2V2
Legenda Sepak bola Pele meninggal dunia

Diskursus Network – Legenda sepak bola asal Brazil, Pele, meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Albert Einstein, Sao Paulo, Kamis waktu setempat atau Jumat (30/12/2022) dini hari WIB.

RS Albert Einstein menyatakan  Pele meninggal dunia pada pukul 15.27 waktu setempat “karena sejumlah kegagalan organ akibat perkembangan kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya.”

Kabar meninggalnya pria bernama asli Edson Arantes do Nascimento itu juga dikonfirmasi melalui berbagai akun media sosial yang dikelola agennya.

“Inspirasi dan cinta kasih menandai perjalanan King Pele, yang meninggal dunia dalam damai hari ini,” tulis akun Instragram resmi Pele, @pele.

“Dalam perjalanannya, Edson mempesona dunia lewat kejeniusannya dalam olahraga, menghentikan perang, mengusung kerja sosial di seluruh dunia, dan menyebarkan apa yang paling diyakininya sebagai obat segala masalah kita: cinta.”

“Pesannya hari ini menjadi warisan bagi generasi mendatang. Cinta, cinta dan cinta, selamanya,” tulis keterangan yang menyertai unggahan foto monokrom Pele.

Pele beberapa bulan terakhir menjalani kemoterapi untuk tindak lanjut setelah operasi pengangkatan tumor ususnya pada September 2021.

Tokoh kelahiran Minas Gerais itu kerap dilabeli sebagai salah satu pemain sepak bola terbaik sepanjang sejarah.

Dia menghabiskan 18 tahun awal karier profesionalnya di Santos di mana dia melakoni debut dalam usia 15 tahun dan membukukan 618 gol dari 636 penampilan bersama klub Brazil itu, sebelum menuntaskan tiga tahun terakhirnya di Amerika Serikat berseragam New York Cosmos.

Bersama Santos, Pele mengantarkan klub itu mengoleksi 25 trofi termasuk enam gelar juara Campeonato Brasileiro Serie A, dua trofi Copa Libertadores, dan dua trofi Piala Intercontinental.

Kepiawaian Pele juga terbukti di level internasional dengan tiga medali emas saat mengantarkan Brazil tiga kali juara Piala Dunia pada 1958, 1962, dan 1970.

Pada Desember 2000, Pele dan legenda Argentina Diego Maradona sama-sama dianugerahi gelar Pemain Terbaik Abad ke-20

 

Dunia Sepak Bola Kehilangan

Sejumlah nama terkenal dari dunia sepak bola menyampaikan penghormatan untuk melepas kepergian legenda Brazil, Pele, yang meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Sao Paulo, Kamis waktu setempat atau Jumat dini hari WIB.

Presiden FIFA Gianni Infantino melalui Instagram pribadi, @gianni_infantino, mengunggah enam foto Pele termasuk saat pria kelahiran 23 Oktober 1940 itu tengah mencium trofi Piala Dunia Jules Rimet yang tiga kali dia menangkan bersama Brazil.

“Pele: Abadi – selamanya bersama kita,” kata Infantino  dalam unggahannya tersebut.

Bintang Brazil, Neymar, yang bulan ini baru saja menyamai rekor Pele sebagai pencetak gol terbanyak Selecao lewat golnya dalam perempat final Piala Dunia 2022 Qatar, juga menyampaikan penghormatan lewat Instagram pribadi, @neymarjr.

“Sebelum Pele, 10 hanyalah sebuah angka. Saya pernah membacanya entah di mana. Tapi betapapun indahnya, kalimat itu tidak lengkap,” tulis Neymar dalam takarir unggahannya yang dibuka dengan foto Pele mengenakan sebuah mahkota.

“Saya akan bilang sebelum Pele sepak bola hanyalah olahraga. Pele mengubah segalanya. Ia membuat sepak bola menjadi seni, sebuah hiburan. Menjadi suara bagi si papa, hitam, dan terutama: memalingkan pandangan dunia ke Brazil. Status sepak bola dan Brazil naik berkat sang Raja! Ia pergi tapi sihirnya bertahan. Pele SELAMANYA!!”

Konfederasi sepak bola Brazil, CBF, juga menyampaikan penghormatan kepada Pele melalui media sosial mereka.

“Pele melampaui sekadar olahragawan terbaik sepanjang masa. Raja Sepak Bola kami merupakan lambang tertinggi tentang seorang Brazil pemenang yang tak pernah takut menghadapi kesulitan,” demikian potongan takarir unggahan CBF di Instagram, @cbf_futebol, dalam bahasa Portugal.

Ucapan duka cita dan penghormatan juga berdatangan dari megabintang Argentina Lionel Messi dan megabintang Portugal Cristiano Ronaldo.

Ronaldo dalam takarir unggahannya di Instagram, menyebut Pele “inspirasi untuk jutaan manusia, serta referensi di masa lalu, hari ini, dan selamanya.”

Bintang Prancis, Kylian Mbappe, juga menyampaikan penghormatan kepada Pele.

Mbappe yang merebut perhatian dunia sepak bola dalam usia 19 tahun kala membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018 tak jarang namanya dibanding-bandingkan dengan Pele.

“Raja sepak bola telah meninggalkan kita, tapi warisannya tidak akan pernah terlupakan. RIP KING,” cuit Mbappe dalam akun Twitter pribadinya, @KMbappe, sembari menyematkan fotonya bersama Pele

Rumah Sakit Albert Einstein, tempat Pele dirawat, menyatakan sang legenda meninggal dunia “karena sejumlah kegagalan organ akibat perkembangan kanker usus besar dan beberapa kondisi medis sebelumnya. (Red/Ant/DN)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.