Kabar Baik Untuk Penyandang Disabilitas, Kualitas Perlindungan Akan Ditingkatkan

oleh -0 Dilihat
Kabar Baik Untuk Penyandang Disabilitas, Kualitas Perlindungan Akan Ditingkatkan
Pemprov Lampung akan tingkatkan kualitas dan perlindungan kepada penyandang disabilitas. (Ilustrasi)

Bandarlampung- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berkomitmen meningkatkan kualitas dan perlindungan kepada penyandang disabilitas yang ada di daerahnya.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto saat ditemui awak media di Bandar Lampung (10/12/2022).

“Pemerintah daerah memiliki salah satu misi yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan upaya perlindungan anak, pemberdayaan perempuan, dan juga bagi penyandang disabilitas,” ujar Fahrizal Darminto.

Ia mengatakan komitmen dalam melaksanakan misi tersebut terutama untuk penyandang disabilitas diantaranya akan dilakukan peningkatan kualitas, melalui pemerataan akses dalam mendapatkan pelayanan pendidikan di SLB.

“Lalu menyediakan fasilitas pelayanan sosial dan ekonomi bagi penyandang disabilitas.Termasuk mendukung berkembangnya peran lembaga dan peraturan yang mengadvokasi. Diantaranya melalui Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2013 tentang Pelayanan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas,” ucap dia.

Ia menjelaskan upaya meningkatkan kualitas dan perlindungan bagi penyandang disabilitas juga akan dilakukan melalui pembangunan infrastruktur ramah disabilitas.

“Kita juga mencoba mewujudkan pembangunan infrastruktur ramah disabilitas berupa pembangunan trotoar jalan yang dilengkapi jalan pemandu, sarana parkir khusus disabilitas, toilet khusus disabilitas dan lainnya,” katanya.

Menurutnya, penyandang disabilitas mempunyai hak sepenuhnya untuk diberi kemudahan akses seluruh fasilitas di bangunan umum maupun di lingkungan sekitar serta dalam memperoleh peningkatan kualitas.

“Selain itu memberikan akses untuk para disabilitas memperoleh pekerjaan ataupun berwirausaha melalui bantuan ekonomi produktif terus dilakukan. Untuk memberi kesempatan kepada mereka untuk terus berperan menjaga perekonomian daerah,” tambahnya.

Selanjutnya menurut dia dengan adanya komitmen untuk memberikan perlindungan, penguatan kualitas bagi kaum disabilitas dapat meningkatkan sumberdaya manusia yang inovatif dan kreatif.

“Marilah kita untuk senantiasa menguatkan tekad dan komitmen dalam menyelenggarakan upaya-upaya penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak-hak disabilitas, dengan mencetuskan prakarsa-prakarsa yang inovatif, strategis dan inklusif,” katanya. (Red DN/Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.