Jelang Pernikahan Kaesang, Jokowi Pasang Bleketepe di Depan Rumah

oleh -0 Dilihat
Jelang Pernikahan Kaesang, Jokowi Pasang Bleketepe di Depan Rumah
Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi memasang anyaman daun kelapa di depan rumah sebagai tanda pesta pernikahan (bleketepe) sebelum acara tradisi siraman calon pengantin Kaesang

Solo- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi memasang anyaman daun kelapa di depan rumah sebagai tanda pesta pernikahan (bleketepe) sebelum acara tradisi siraman calon pengantin Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Sumber Banjarsari Solo, Jumat.

Jokowi tampak mengenakan pakaian adat Jawa warna magenta dan ibu Iriana mengenakan kebaya corak bunga warna pink dan hijau muda memasang bleketepe yang menggambarkan kesepakatan melangsungkan pernikahan dengan adat Jawa.

Jokowi kemudian bersama ibu Iriana membuka tuwuhan atau pisang raja dengan dihiasi janur dan kelapa cengkir gading yang ada di sebelah kanan dan kiri pintu masuk rumah kediamannya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sungkeman, Kaesang Pangarep meminta doa restu kepada Bapak Ibu Jokowi sebelum dilaksanakan siraman dengan air yang diambil dari tujuh mata air yakni dari Keraton Kasunanan, Mangkunengaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, istana Bogor, dan rumah kediaman Solo.

Presiden Jokowi mengatakan acara sungkeman dan siraman berjalan baik, dia memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya berjalan dengan baik. Dia juga memohon maaf apabila acara mengganggu kenyamanan warga.

“Kami sekeluarga mohon maaf sebesar-besarnya terutama masyarakat Solo dan Yogyakarta,” kata Jokowi pada Jumat.

Menurut Jokowi dalam acara sungkeman sebagai orang tua mengharapkan dan mendoakan agar Kaesang dan Erina ke depan bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, waromah.

“Kami acara selanjutnya setelah Sholat Jumat menuju ke Yogyakarta untuk persiapan acara Jumat malam,” kata Jokowi.

Kaesang Pangarep mengatakan acara sungkeman kepada kedua orang tua sempat menangis karena terharu dan bahagia melangsungkan pernikahan dengan Erina.

“Saya sempat menangis terharu dan bahagia saat sungkeman dengan ibu dan bapak,” kata Kaesang.

Sejumlah tamu hadir dalam acara tersebut, di antaranya menteri Kabinet Indonesia Maju, antara lain Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marvest Luhut Binsar Pandjaitan, Menlu Retno Marsudirini, dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto.

Acara lantas akan dilanjutkan dengan malam midodareni  dan ijab babul, di Yogyakarta, pada Sabtu (10/12), kemudian dilanjutkan tasyukuran di Pura Mangkunegaran, pada Minggu (11/12). (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.