Menjelajah Keindahan Teluk Kiluan, Surganya Wisata Bahari

oleh -0 Dilihat

Tanggamus- Bagi kalian pencinta wisata bahari, tidak ada salahnya mencoba mengunjungi objek wisata di Teluk Kiluan di Desa Bandung Jaya, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus. Di Teluk Kiluan ini, wisatawan akan disuguhkan beberapa tempat eksotis yang tidak kalah indah dari tempat wisata favorit lainnya. Keunikan Teluk Kiluan yaitu memiliki pulau kecil di teluknya yang biasa disebut Pulau Kelapa.

Terlebih Pulau Kelapa ini memiliki pantai berpasir halus dan gradasi warna air lautnya yang indah. Untuk sampai ke Teluk Kiluan, kalian bisa berangkat dari Bandar Lampung menuju ke kabupaten Tanggamus. Jika menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, kalian bisa langsung menuju ke desa Bandung Jaya, Kecamatan Kelumbayan. Jarak tempuh dari Kota Bandar Lampung ke Teluk Kiluan biasanya kurang lebih 3 jam perjalanan.

Sepanjang perjalanan menuju ke Teluk Kiluan kalian anak disuguhkan pemandangan alam berupa pantai dan bukit, salah satunya pantai Ketapang dan Bukit Barisan Selatan. Selama perjalanan Sobat DN bisa mampir berswa foto dengan keindahan alam yang ada. Karena lokasi Teluk Kiluan yang tidak jauh dari lokasi wisata Gigi Hiu, maka kalian tetap melewati markas Komando Marines Eco Park lalu melawati desa Punduh Pidada. Pastikan kondisi kendaraan anda aman karena jalan yang dilalui belum semuanya diaspal dan dibeton.

Teluk Kiluan mempunyai kolam renang Batu Karang yang disebut Laguna Gayau. Keunikan Kolam renang Laguna Gayau yaitu terbentuk secara alami tanpa sentuhan tangan manusia. Nah, saat memasuki Teluk Kiluan kalian tidak perlu membayar karcis, namun untuk memasuki beberapa tempat wisata di dalamnya, kalian harus membeli tiket masuk. Untuk masuk ke Laguna Gayau, kalian cukup membayar Rp6.000 per orang.

Sementara biaya parkir kendaraan roda empat dikenakan Rp5.000 dan roda dua Rp2.000 saja. Menikmati keindahan alam di sini harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima, mengingat lokasi menuju Laguna Gayau harus berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit. Di Teluk Kiluan, Sobat DN bisa memilih tempat menginap jika ingin menghabiskan malam bersama sahabat atau keluarga.

Beberapa fasilitas penginapan yang disiapkan di antaranya Vila, Cottage dan homestay. Bagi yang senang camping di pinggir pantai, juga bisa menyewa tenda dome. Jika beruntung, kalian bisa menyaksikan kawanan lumba-lumba yang muncul ke permukaan laut lepas sekitar pukul 06:00 WIB-10:00 WIB pagi. Sementara di sore hari mamalia ini biasanya muncul sekitar pukul 16:00 WIB-17:00 WIB sore.

Untuk bisa menyaksikan lumba-lumba dari jarak dekat kalian bisa menyewa jukung atau perahu kecil yang dilengkapi dengan jaket pelampung. Tarif jukung ini hanya berkisar Rp300.000 untuk 2 orang penumpang. Nah menarik bukan? (Liting)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.