Pemprov Lampung Luncurkan KUR Melalui Aplikasi E-KPB

oleh -0 Dilihat
Pemprov Lampung Luncurkan KUR Melalui Aplikasi E-KPB
Pemprov Lampung Luncurkan KUR Melalui Aplikasi E-KPB

Bandarlampung– Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meluncurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan asuransi terintegrasi melalui aplikasi e-Kartu Petani Berjaya (KPB) dan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dengan perbankan dan PT Pupuk Indonesia.

“KPB merupakan program unggulan Pemprov Lampung dan merupakan implementasi dari visi rakyat Lampung Berjaya,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, di Bandarlampung (2/11/2022).

KPB, lanjut dia, telah bertransformasi menjadi aplikasi kartu berbasis elektronik (e-KPB), yang dapat saling terhubung dan berbagi pakai dengan sistem lainnya, termasuk dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Lampung seperti smart village dan Sistem Informasi Kependudukan (Disdukcapil).

Ia berharap melalui Kartu Petani Berjaya petani mendapatkan kemudahan dalam sarana produksi pertanian seperti benih, pupuk, dan sebagainya. Selain itu juga pembinaan dan pendampingan manajemen usaha dan teknologi, pemasaran hasil pertanian, layanan asuransi usaha dan jaminan ketenagakerjaan, beasiswa pendidikan bagi keluarga petani tidak mampu, hingga akses permodalan dari perbankan dan lembaga keuangan.

Pada akses permodalan dari perbankan dan lembaga keuangan, pada hari ini meluncurkan KUR dan asuransi terintegrasi melalui aplikasi e-KPB.

“Pengajuan KUR KPB selama ini masih dilakukan secara semi manual menggunakan formulir. Sejak peluncuran hari ini, maka pengajuan KUR dapat dilakukan melalui aplikasi KPB, sampai pada tahap petani mendapatkan notifikasi tentang status pengajuan KURnya oleh perbankan,” ucap Gubernur Arinal.

Adapun fasilitas yang diberikan oleh Pemprov Lampung dalam KUR dan asuransi terintegrasi melalui aplikasi e-KPB adalah jaminan berupa pendampingan oleh petugas dan tim sehingga kepastian pengajuan KUR dapat lebih cepat.

Proses verifikasi nasabah bank tetap menjadi kewenangan perbankan, karenanya KUR KPB melalui aplikasi e-KPB ini tentunya tidak akan berjalan dengan baik tanpa ada kerja sama yang baik dari semua pihak.

Gubernur Arinal menjelaskan dalam implementasi program KPB di Provinsi Lampung, telah bekerjasama atau menandatangani nota kesepahaman dengan 4 empat bank yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan Bank Lampung, serta dengan BUMN pupuk yaitu PT Pusri dan PT Petrokimia Gresik.

Namun, lanjutnya, karena telah habis masa berlakunya maka pada kesempatan ini kembali dilakukan penandatanganan perpanjangan MoU dengan empat bank tersebut, dan ditambah dengan keikutsertaan Bank Raya serta PT Pupuk Indonesia yang membawahi PT Pusri dan PT Petrokimia Gresik. (Red, DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.