Kemendikbud Lirik Sambal Seruit Lampung

oleh -0 Dilihat

Lampungutara- Lampung patut berbangga, makanan seruit yang menjadi ciri khas Lampung kini telah dilirik balai pelestarian nilai budaya, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. Makanan ini sendiri merupakan sambal yang dicampur beberapa jenis bahan menjadi pelengkap saat makan. Mulai dari bahan hingga cara pembuatannya, Seruit diperkenalkan ke Balai Pelestarian Nilai Budaya yang membawahi empat Provinsi yaitu Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan Lampung.

Berlokasi di Kelurahan Kotabumi Ilir Kecamatan Kotabumi Lampung Utara, kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa 27 September 2022. Kegiatan ini digelar untuk memfasilitasi dan memperkenalkan nilai budaya daerah. Hadir dalam kegitan ini dinas terkait, pegiat budaya Lampung, tokoh adat dan perwakilan pelajar SMP hingga SMA. Seruit sendiri adalah berbahan dasar sambal, yang dicampur dengan bahan lain seperti timun, duren, ikan, terong, tahu serta dihidangkan bersama lalapan lain untuk menambah nafsu makan.

Pihak Kemendikbud Riset dan Teknologi mengatakan, kegiatan ini merupakan perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan salah satu warisan budaya yaitu Seruit Lampung. Sementara itu Ketua pelaksana yang juga merupakan pegiat budaya Lampung menjelaskan jika seruit sudah menjadi ciri saat mengundang sanak saudara dan rekan untuk makan bersama. Yosef juga berharap kepada generasi penerus di Lampung untuk selalu menjaga, melestarikan serta memperkenal segala budaya di Lampung agar tidak punah tergerus zaman. (Ferdani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.